Google Hangouts Pensiun November 2022, Pengguna Diajak Pindah ke Aplikasi Chat

Kompas.com - 28/06/2022, 12:03 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Aplikasi percakapan Hangouts milik Google dipastikan akan pensiun November 2022 mendatang. Kabar ini diumumkan Google melalui blog resminya pada Senin (27/6/2022).

Menurut Ravi Kaneeganti, Product Manager Google Chat, para pengguna aplikasi Hangout nantinya dapat beralih ke aplikasi Google Chat. Pasalnya, Google Chat memiliki lebih banyak fitur untuk berkolaborasi, seperti mengedit dokumen di Docs, Sheet, serta Spreadsheet.

"Google Chat juga menyertakan Spaces, tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik. Tim dapat berbagi ide, mengerjakan dokumen, dan mengelola file dan tugas, semuanya dari satu lokasi," ungkap Ravi.

Sebagai langkah untuk mempensiunkan Hangouts, Google juga mengajak pengguna untuk beralih ke aplikasi Chat atau ke Gmail mulai pekan ini.

Baca juga: Terancam Diblokir karena Belum Daftar PSE, Twitter dan Meta Bungkam, Google Akan Menyesuaikan

Pantauan KompasTekno, Selasa (28/6/2022), ajakan tersebut akan ditemui ketika pengguna membuka aplikasi Hangouts, yang saat ini masih tersedia dan bisa diunduh melalui toko aplikasi Play Store.

Ilustrasi laman ajakan Google di aplikasi Hangouts untuk beralih ke Google Chat atau Gmail.Kompas.com/Bill Clinten Ilustrasi laman ajakan Google di aplikasi Hangouts untuk beralih ke Google Chat atau Gmail.

Melalui tampilan tersebut, pengguna akan diajak untuk beralih ke fitur Chat di Gmail, atau aplikasi Chat yang bisa diunduh di Play Store.

Apabila melihat gambar di atas, tombol untuk beralih dari Hangouts ke Gmail diwakili dengan warna biru, sedangkan tombol untuk mengunduh aplikasi Chat berwarna putih.

Selain Hangouts versi aplikasi, Google juga bakal mengajak pengguna Hangouts versi web untuk beralih ke Chat versi web mulai pekan ini.

Pada Juli mendatang, pengguna Hangouts di Gmail versi web juga akan merasakan perubahan, di mana tampilan Hangouts perlahan akan berubah menjadi Chat.

Meski pengguna telah beralih dari Hangouts ke aplikasi Google Chat atau Gmail, Google mengeklaim bahwa daftar atau riwayat percakapan di Hangouts akan tetap bisa diakses pengguna di dua aplikasi penggantinya tadi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.