Hari Ini 15 Tahun Lalu, iPhone Pertama Meluncur ke Publik

Kompas.com - 29/06/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - iPhone pertama diperkenalkan oleh pendiri sekaligus CEO Apple kala itu, Steve Jobs ke publik, di ajang "Macworld" yang digelar pada 9 Januari 2007.

Meski demikian, ponsel yang diklaim revolusioner tersebut dirilis dan baru bisa dibeli masyarakat, terutama mereka yang tinggal di Amerika Serikat (AS) pada 29 Juni 2007, alias hari ini 15 tahun lalu.

Pada saat penjualan perdananya, para peminat iPhone konon sudah antre di sejumlah Apple Store di AS.

Bahkan saking ramainya peminat, seluruh toko Apple yang ada di AS, yang kala itu berjumlah sekitar 164 toko, harus lembur dan memperpanjang jam buka toko hingga sekitar tengah malam.

Baca juga: Melihat Aksi Panggung Steve Jobs Umumkan iPhone Pertama, 15 Tahun Lalu

Hal ini tentunya bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk meminang iPhone generasi pertama yang saat itu dibanderol dengan harga 499 dolar AS untuk varian media penyimpanan (storage) 4 GB dan 599 dolar AS untuk varian 8 GB.

Dengan banderol tersebut, konsumen akan mendapatkan ponsel layar sentuh (touchscreen) berukuran 3,5 inci (resolusi 480 x 320 piksel), yang ditemani dengan tombol home fisik dan kamera belakan 2 megapiksel.

Selain itu, mereka juga bisa memanfaatkan beragam fitur yang ada di dalam iPhone mencakup koneksi internet, e-mail, aplikasi peta (maps), telepon, pemutar musik, dan masih banyak lainnya.

Momen bersejarah

iPhone generasi pertama yang diluncurkan pada 2007Apple iPhone generasi pertama yang diluncurkan pada 2007

Terkait peluncuran iPhone generasi pertama, Tony Fadel, seorang teknisi Apple yang saat itu berpengaruh terhadap pengembangan iPhone, mengatakan bahwa momen penjualan iPhone adalah momen berharga bagi dirinya.

Baca juga: iPhone Pertama Tak Punya Fitur Copy-Paste, Apa Alasannya?

Namun, ia juga mengaku bahwa tanggal 29 Juni 2007 merupakan hari yang paling menegangkan dan membuat ia stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.