Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HTC Kembali Rilis Ponsel Android, Desire 22 Pro untuk Metaverse

Kompas.com - 29/06/2022, 13:29 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Nama vendor smartphone Taiwan HTC memang kian pudar dibanding oleh para produsen ponsel pintar asal China yang semakin menggurita.

Namun, HTC tampaknya mencoba kembali "bersinar" dengan meluncurkan ponsel yang digadang-gadang mendukung metaverse, yaitu HTC Desire 22 Pro.

HTC Desire 22 Pro disebut sebagai "pendamping sempurna" bagi perangkat Virtual Reality (VR) Vive Flow bikinan HTC yang baru diluncurkan.

Seperti kebanyakan perangkat VR, Vive Flow juga memungkinkan pengguna menikmati metaverse atau dunia virtual.

Pada dasarnya, VR Vive Flow juga kompatibel digunakan pada ponsel Android lainnya. Namun, karena dirancang oleh perusahaan yang sama, HTC Desire 22 Pro menawarkan beberapa fitur eksklusif ketika terhubung dengan VR Vive Flow.

Baca juga: Google Beli Divisi Smartphone HTC Rp 14 Triliun

Beberapa fitur eksklusif itu termasuk akses ke dompet digital Viverse untuk membantu mengelola mata uang kripto (cryptocurrency) dan non-fungible token (NFT).

HTC Desire 22 Pro.htc.com HTC Desire 22 Pro.
Spesifikasi HTC Desire 22 Pro

Untuk spesifikasinya, HTC Desire 22 Pro dibekali layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.412 piksel) serta refresh rate 120 Hz.

Layar tersebut dihiasi sebuah lubang kecil (punch hole) di sisi kirinya yang menampung kamera selfie 32 MP (f/2.0).

Beralih ke bagian belakang, HTC Desire 22 Pro memiliki punggung dengan desain bergaris. Ada pula modul kamera berbentuk oval memanjang yang menampung tiga kamera belakang. Ketiga kamera itu terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.79), kamera ultrawide 13 MP (f/2.4), dan kamera depth sensor 5 MP (f/2.4).

Untuk dapur pacu, HTC Desire 22 Pro mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 695, yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 128 GB.

Ponsel suksesor dari HTC Desire 21 Pro 5G (2021) ini ditopang oleh baterai berkapasitas 4.520 mAh dengan dukungan fast charging 18 watt.

Baca juga: HTC Jual Pabrik Smartphone demi Virtual Reality

Untuk software, ponsel ini sudah menjalankan sistem operasi Android 12. Fitur lain yang dibawa ponsel ini termasuk pemindai sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power (fingerprint side-mounted), slot microSD, hingga sertifikasi anti-air dan debu dengan rating IP67.

Di atas kertas, ponsel ini memiliki ketebalan 9,4 mm dengan bobot 205,5 gram, sebagaimana dihimpun dari situs resmi HTC.

HTC Desire 22 Pro akan dijual di pasar Taiwan dan Eropa dalam waktu dekat. Di negara asalnya, ponsel ini dijual dengan harga 11.990 (sekitar Rp 5,9 juta), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSMArena, Rabu (29/6/2022).

Belum diketahui soal ketersediaan HTC Desire 22 Pro di wilayah pasar lain, termasuk Indonesia.

HTC sendiri telah keluar dari pasar ponsel Indonesia pada 2017. Lalu, berselang dua tahun atau tepatnya pada Desember 2019, HTC dikabarkan kembali masuk ke pasar Indonesia dengan ponsel HTC Wildfire R70. Sejak saat itu, HTC belum lagi terdengar memboyong ponselnya ke Tanah Air.

Baca juga: Indikasi Kuat Smartphone HTC Akan Kembali ke Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com