Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moto G42 Meluncur dengan Kamera 50 MP, Harga Rp 2 Jutaan

Kompas.com - 06/07/2022, 11:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Flipkart

KOMPAS.com - Motorola telah memperkenalkan smartphone terbarunya, Moto G42 pada awal Juni lalu. Ponsel ini juga sebelumnya diperkenalkan bersamaan dengan Moto G62 yang memiliki kemiripan dan spesifikasi cukup serupa.

Namun, kala itu Motorola belum mengungkapkan harga dan ketersediaan ponsel ini untuk publik. Kini, informasi itu muncul dari situs e-commerce India, Flipkart.

Di Flipkart, ponsel ini masih dalam masa pre-order. Harga Moto G42 di India dibanderol 13.999 rupee (sekitar Rp 2,65 juta) dari harga normal 16.999 rupee (sekitar Rp 3,2 juta) untuk varian RAM dan penyimpanan 4/64 GB.

Dikutip KompasTekno, Rabu (6/7/2022), Moto G42 tersedia dalam dua warna, yakni Atlantic Green dan Metalic Rose.

Desain Moto G42

Moto G42 hadir dengan desain punggung yang memiliki modul kamera berbentuk persegi panjang dengan model rounded shape, nyaris berbentuk oval.

Baca juga: 10 Smartphone dengan Radiasi Tinggi, Motorola Teratas

Dalam modul tersebut, terdapat tiga kamera yang diposisikan sejajar secara vertikal, berdampingan dengan lampu kilat LED di sebelah kamera paling atas.

Kemudian, terdapat logo Motorola di bagian tengah punggung dan tulisan “Motorola” di bagian bawah tengah. Kedua logo tersebut diwarnai putih dan sedikit tranpsaran.

Bahan dari punggung ponsel terlihat menggunakan bahan plastik dengan aksen glossy untuk menciptakan nuansa elegan sekaligus mewah.

Untuk dimensinya, Moto G42 berukuran 6,31 x 2,89 x 0,31 inci dengan bobot seberat 175 gram.

Spesifikasi Moto G42

Moto G42 mengusung layar panel AMOLED dengan bentang 6,4 inci, resolusi layarnya Full HD Plus 1080 x 2400 piksel, memiliki refresh rate di angka 60 Hz dengan perbandingan aspect ratio 20: 9 dan kerapatan piksel 441 PPI.

Sementara itu, model layar Moto G42 dirancang dengan desain berlubang (punch hole) berukuran kecil di tengah atas layar sebagai rumah dari kamera selfie. Ponsel ini hadir dengan bezel yang cukup tebal pada bagian bawah.

Seperti disebut sebelumnya, Moto G42 unggul di sektor fotografi dengan kamera utama 50 MP, f/1.8 PDAF, sedangkan kamera kedua 8 MP (ultra-wide) memiliki bukaan lensa f/2.2.

Untuk kamera ketiga, resolusinya 2 MP, f.2.4 yang berguna sebagai lensa makro. Sementara itu, kamera seflie di bagian depan dibekali sensor resolusi 16 MP.

Baca juga: Moto G62 dan G42 Meluncur dengan Kamera 50 MP, Ini Spesifikasinya

Dari sektor dapur pacu, Moto G42 ditenagai oleh chipset Snapdragon 680 milik Qualcomm yang dirancang dengan fabrikasi 6 nanometer. Lalu, chip ini juga dibekali CPU octa-core dengan clockspeed mencapai 2,4 GHz dan GPU Adreno 610.

Chipset ini dipadukan dengan RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan internal 64 GB. Pengguna yang ingin memperluas kapasitas internal dapat menggunakan slot microSD yang tersedia.

Dari segi baterai, Moto G42 memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh dan dapat mendukung fitur pengisian daya cepat (fast charging) dengan keluaran daya 20 watt. Pengisian daya bisa dilakukan menggunakan USB-C yang tersedia.

Ponsel dengan sistem operasi (OS) Android 12 ini dilengkapi fitur pendukung lainnya, seperti sensor sidik jari (fingerprint) di sisi samping ponsel, sertifikat anti-air dan debu IP52, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0, NFC, dan GPS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Flipkart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com