iPhone Berikutnya Bisa Dipakai Ngetik di Dalam Air dan Saat Hujan

Kompas.com - 06/07/2022, 08:32 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Salah satu paten Apple yang diajukan perusahaan ke Kantor Paten dan Merek Dagang AS akhirnya direstui. Paten berjudul "Memodifikasi Fungsionalitas Perangkat Elektronik Selama Terpapar Kelembapan" itu akan membuat iPhone dapat digunakan di tengah hujan.

Selama ini, sejumlah smartphone termasuk iPhone memang dapat bertahan dari guyuran air atau suhu lembab. Kendati demikian, tidak mudah untuk mengoperasikan ponsel ketika layar atau jari pengguna dalam kondisi basah.

Oleh karena itu, Apple merancang sensor yang bisa membuat layar iPhone menyesuaikan diri dengan kondisi lembab, termasuk saat hujan ringan, saat layar basah atau ketika iPhone dioperasikan di dalam air.

Baca juga: Pria yang Terapung di Tengah Laut Selamat Berkat Apple Watch

Menurut paten itu, "sentuhan palsu" dari air pada layar iPhone akan dideteksi oleh teknologi baru Apple yang dijelaskan dalam paten tersebut. Setelah terdeteksi oleh sensor, sentuhan palsu itu akan ditolak.

Untuk mempermudah pengoperasian layar iPhone saat basah atau lembab, tata letak tombol di layar akan diubah menjadi lebih besar. Praktik ini juga dapat meminimalisasi kekeliruan input sentuhan/tekanan pada layar.

Paten iPhone di dalam airApple Paten iPhone di dalam air

Pada saat yang sama, layar iPhone akan otomatis berubah menjadi layar yang peka terhadap tekanan, sebagaimana teknologi Force Touch dan 3D Touch.

Dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Rabu (6/7/2022), aplikasi kamera iPhone juga akan menyediakan mode kering, basah dan bawah air, sebagaimana gambar dalam paten Apple. Setiap mode tersebut akan dilengkapi dengan antarmuka (UI) yang berbeda guna memudahkan pengoperasian sesuai kondisi layar.

Baca juga: Apple Wajibkan Seluruh Aplikasi di App Store Mudahkan Pengguna Hapus Akun

Misalnya dalam mode basah, beberapa fitur kamera dihapus dari UI. Adapun ketika dalam mode bawah air, beberapa tombol dibuat jadi lebih besar, agar lebih mudah dioperasikan meskipun fiturnya lebih terbatas dibanding mode lain.

Untuk menjaga perangkat tetap aman, layar iPhone akan menampilkan kedalaman perangkat ketika di bawah air. Dengan begitu, pengguna bisa mengurangi risiko ketika iPhone miliknya berada di ambang batas kedalaman air yang didukung.

Meski paten ini sudah mendapat izin dari regulator terkait, belum dapat dipastikan apakah teknologi dalam paten itu akan langsung diterapkan pada iPhone atau perangkat Apple lainnya.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max Terbaru Juli 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.