Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Zenfone 9 Meluncur, Flagship Ringkas dengan Layar 5,9 Inci

Kompas.com - 29/07/2022, 12:00 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Asus Zenfone 9 resmi diluncurkan untuk pasar global pekan ini. Ponsel ini masih mempertahankan salah satu keunggulan yang dimiliki pendahulunya, Zenfone 8, yakni ukuran yang ringkas.

Di atas kertas, Asus Zenfone 9 memiliki dimensi 146,5 x 68,1 x 9,1 mm dengan bobot 169 gram, bobot yang sama dengan Asus Zenfone 8.

Selain dimensi fisik, jenis layarnya sama-sama mengadopsi panel Super AMOLED dengan ukuran 5,9 inci dan resolusi Full HD Plus.

Layar tersebut sudah memiliki refresh rate 120 Hz, tingkat kecerahan 1.100 nits, dukungan HDR10 Plus, serta sudah dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass Victus.

Baca juga: Smartphone ZTE Dipastikan Kembali Dijual di Indonesia

Sebagai suksesor, Zenfone 9 tentunya dibekali dengan beragam peningkatan, salah satunya adalah pada aspek chipset.

Secara hardware, ponsel ini ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan dua varian RAM 8 GB/16 GB, serta dua opsi media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB.

Dengan jeroan dan ukuran ini, Asus Zenfone 9 masih mengusung desain ponsel flagship yang dibuat "ringkas" atau sekecil dan seringan mungkin supaya enak digenggam di tangan.

Pembaruan juga dihadirkan Asus di sektor kamera. Asus Zenfone 9 dibekali dengan dua kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50 MP (f/1.9) dan 12 MP (f/2.2, ultrawide), serta satu kamera selfie beresolusi 12 MP (f/2.5).

Kamera utama Asus Zenfone 9 memiliki angka megapiksel yang lebih kecil dibanding Asus Zenfone 8 yang kamera utamanya beresolusi 64 MP (f/1.8).

Namun, ada beberapa peningkatan yang kini diterapkan Asus mencakup sensor kamera utama IMX766 yang lebih besar, penstabil gambar (OIS) yang mengandalkan sistem gimbal enam titik (6-axis), dan masih banyak lagi.

Selain chipset dan kamera, peningkatan juga terlihat dari segi baterai. Alih-alih 4.000 mAh seperti Zenfone 8, baterai Asus Zenfone 9 kini berkapasitas 4.300 mAh. Meski demikian, teknologi pengisian cepat yang didukung masih mentok di angka 30 watt.

Asus Zenfone 9.Asus Asus Zenfone 9.
Untuk sektor software, ponsel ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Zen UI, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Harga Smartphone Bakal Makin Mahal Tahun Depan?

Fitur pendukung lainnya mencakup dua buah speaker mumpuni berteknologi Dirac, sistem pendingin yang lebih ampuh, serta software berupa Game Genie yang bisa memberikan pengalaman terbaik ketika ponsel dipakai untuk bermain game.

Di pasar Eropa, Asus Zenfone 9 bakal dijual dengan harga termurah 800 euro atau sekitar Rp 12,1 juta. Konon, ponsel ini akan lebih dulu dijual di pasar Eropa, Hong Kong, dan Taiwan setelah peluncurannya.

Kemudian di masa depan, ponsel ini disebut bakal dijual di beberapa wilayah lain mencakup Amerika Utara, Jepang, beberapa wilayah di Amerika Selatan, hingga Indonesia. Kita nantikan saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com