Kompas.com - 05/08/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Samsung Amerika Serikat (AS) kini mengizinkan para pengguna ponsel buatannya untuk memperbaiki smartphone mereka secara mandiri. Program ini disebut sebagai self-repair.

Program ini sebelumnya telah diumumkan Samsung pada April lalu. Samsung menggandeng iFixit, sebuah komunitas yang gemar membongkar dan melakukan perbaikan berbagai perangkat elektronik dan perangkat lainnya.

Adapun program tersebut memiliki persyaratan, seperti hanya memperbolehkan pengguna perangkat Galaxy S saja, seperti Galaxy S20, S21, dan Galaxy Tab S7 Plus.

Layanan self-repair ini ditujukan agar konsumen memiliki lebih banyak cara untuk memperpanjang usia produk. Samsung bermitra dengan iFixit guna menyediakan suku cadang resmi.

Baca juga: Penamaan Samsung Galaxy Fold dan Flip Bakal Berubah?

“Samsung terus menawarkan pilihan yang lebih nyaman bagi konsumen untuk memperluas penggunaan perangkat mereka (konsumen) dan meminimalisasi limbah elektronik,” papar Mark Willliams selaku Vice President of Customer Care Samsung di AS.

“Samsung Self-Repair adalah cara lain bagi pelanggan untuk memperpanjang masa pakai perangkat mereka, sebelum didaur ulang,” imbuh Mark.

Dirangkum KompasTekno dari Mobile Syrup, Jumat (5/8/2022), Samsung akan memberikan akses kepada konsumen untuk mendapatkan suku cadang asli perangkat, seperti layar ponsel, baterai, kaca belakang, hingga port pengisian daya.

Nantinya, pengguna akan dapat melihat panduan perbaikan lewat video secara online dan tidak akan dipungut biaya. Selain itu, onderdil (suku cadang) milik pengguna yang rusak, dapat dikembalikan ke Samsung untuk didaur ulang.

Biaya yang harus disiapkan pengguna berkisar dari 59,99 dollar AS (Rp 895.761) hingga 224,99 dollar AS atau setara Rp 3,35 juta (mengikuti kurs hari ini). Biaya yang dikeluarkan akan menyesuaikan tingkat kerusakan dan harga suku cadang perangkat.

Untuk ke depannya, Samsung mengatakan akan memperluas program self-repair ini dengan menambah lebih banyak jenis perangkat dan berbagai opsi layanan perbaikan.

Baca juga: 2 Ponsel Samsung Galaxy Seri A Segera Masuk Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.