Kompas.com - 09/08/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com- Sebagaimana umum diketahui, tiap ponsel selalu memiliki fitur untuk menghapus kontak, tak terkecuali dengan iPhone. Namun, antara iPhone dengan ponsel lain, punya perbedaan cara dalam mengoperasikan salah satu fitur pengelolaan kontak itu.

Lantas, bagaimana cara menghapus kontak di iPhone? Semua kontak di iPhone pada dasarnya tersimpan di aplikasi bawaan bernama “Contacts”, baik kontak yang bersumber dari penambahan manual maupun dari cadangan data iCloud atau akun e-mail lain.

Baca juga: Cara Buka Kunci iPhone dengan Suara secara Mudah

Oleh karena itu, untuk menghapus kontak di iPhone, caranya bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi Contacts. Untuk cara menghapus kontak di iPhone via aplikasi Contacts, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara menghapus kontak di iPhone via aplikasi Contacts

  • Buka aplikasi Contacts di iPhone.
  • Cari dan buka nama kontak yang hendak dihapus.
  • Pada nama kontak tersebut, klik opsi “Edit”.
  • Gulir ke bawah dan klik opsi “Hapus” atau “Delete”.

Ilustrasi cara menghapus kontak di iPhone via aplikasi Contacts.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menghapus kontak di iPhone via aplikasi Contacts.

Selain melalui aplikasi Contacts, kontak di iPhone juga bisa dihapus melalui menu pengaturan. Namun, efeknya bakal berbeda dengan menghapus kontak di iPhone via aplikasi Contacts.

Di aplikasi Contacts, kontak hanya bisa dihapus satu per satu. Sedangkan bila dilakukan via menu pengaturan, semua kontak bisa terhapus secara sekaligus. Asalkan, kontak-kontak tersebut telah tercadangkan di iCloud atau akun e-mail lain.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara menghapus kontak di iPhone melalui menu pengaturan.

Baca juga: Cara Remote MacBook dengan iPhone dari Jarak Jauh via VNC Viewer

Cara menghapus kontak di iPhone via menu pengaturan iCloud

  • Klik ikon gerigi roda di layar “home” iPhone untuk mengakses menu pengaturan.
  • Klik banner Apple ID di bagian atas menu pengaturan.
  • Pilih opsi “iCloud” dan geser toggle “Kontak” ke warna abu-abu.
  • Lalu, pilih opsi “Hapus dari iPhone Saya”.

Ilustrasi cara menghapus kontak di iPhone via menu pengaturan iCloud.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menghapus kontak di iPhone via menu pengaturan iCloud.

Cara menghapus kontak di iPhone via menu pengaturan kontak

  • Buka menu pengaturan iPhone.
  • Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih menu pengaturan “Kontak”.
  • Kemudian, klik opsi “Akun” dan pilih akun e-mail yang dipakai untuk mencadangkan dan memulihkan data kontak di iPhone.
  • Terakhir, geser toggle “Kontak” ke warna abu-abu dan pilih opsi “Hapus dari iPhone Saya”.

Ilustrasi cara menghapus kontak di iPhone via menu pengaturan kontak.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menghapus kontak di iPhone via menu pengaturan kontak.

Selesai mengetuk opsi “Hapus dari iPhone Saya”, kontak dari cadangan data iCloud atau akun e-mail lain yang termuat dalam aplikasi Contacts, bakal terhapus semuanya secara bersamaan.

Cukup mudah bukan untuk menghapus kontak di iPhone? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada iPhone dengan versi iOS 15.5. Beda versi iOS yang digunakan, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Baca juga: Cara Pindahkan Chat WhatsApp dari HP Android ke iPhone via Move to iOS

Demikian penjelasan seputar cara menghapus kontak di iPhone melalui aplikasi Contacts dan menu pengaturan, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.