Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Celah Keamanan di Chrome, Google Sarankan Pengguna Segera Lakukan Update

Kompas.com - 19/08/2022, 15:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna peramban (browser) Google Chrome dianjurkan untuk segera melakukan pembaruan (update).

Pasalnya, Google pekan ini telah menggelontorkan sebuah update Chrome yang bakal memperbaiki sejumlah celah keamanan mengkhawatirkan yang bisa dimanfaatkan oleh peretas untuk mencuri data.

Salah satu masalah yang terdeteksi adalah celah keamanan dengan kode "CVE-2022-2856".

Menurut analis keamanan dari Google Threat Analysis Group pada 19 Juli 2022 lalu, celah keamanan dengan kode tersebut melibatkan suatu fungsi Chrome yang bernama "Intents".

Baca juga: Siasat Microsoft Rayu Pengguna Chrome Pindah ke Edge

Sederhananya, Intents adalah fungsi yang bisa mengakomodir interaksi pengguna di internet dengan sejumlah aplikasi berbasis web.

Nah menurut para analis keamanan tadi, Intents memiliki masalah yang sudah lama muncul (zero-day bug), yang memungkinkan peretas mengelabui sistem validasi dari fungsi Intents itu sendiri.

Dengan memanfaatkan zero-day bug itu, mereka mungkin saja bisa melacak aktivitas pengguna dan/atau mencuri datanya dengan menginput sejumlah kode palsu.

Selain CVE-2022-2856, Google juga turut memperbaiki 10 celah keamanan lain di fungsi atau kompomen utama Chrome yang dianggap mengkhawatirkan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR.com, Jumat (19/8/2022).

Beberapa di antaranya adalah bug di fungsi FedCM, SwiftShader, ANGLE, Blink, dan masih banyak lagi. Informasi lebih lengkap soal kode-kode dari celah keamanan ini bisa disimak di tautan berikut ini.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di Chrome

Nah, untuk terhindar dari masalah keamanan yang bisa mengancam kapanpun, pengguna Chrome di PC untuk versi macOS dan Linux dianjurkan untuk memperbarui Chrome mereka ke versi 104.0.5112.101.

Sementara itu untuk pengguna Chrome PC versi Windows, mereka bisa memperbarui Chrome ke versi 104.0.5112.102/101 untuk memperbaiki celah-celah keamanan yang disebutkan di atas.

Adapun pembaruan bisa dilakukan melalui menu "Settings" > "Help" > dan "About Google Chrome", atau mengunduh versi terbaru Chrome di tautan berikut ini.

Tutorial lengkap cara mengunduh update Chrome bisa disimak di artikel "cara update browser chrome di laptop".

Selain Google Chrome, pengguna peramban berbasis sistem Chromium macam Microsoft Edge, Brave, Opera, dan Vivaldi juga dianjurkan melakukan update sesegera mungkin, apabila memang tersedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com