Kesan Pertama Menjajal Samsung Galaxy Z Fold 4, Lebih Enteng, Mulus, dan Kokoh

Kompas.com - 19/08/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Kembaran Samsung Galaxy Z Fold 3. Itulah mungkin kesan pertama yang kami dapat ketika melihat desain, sekaligus menggenggam ponsel lipat terbaru Samsung, Galaxy Z Fold 4.

Meski sekilas sama persis, Samsung tentunya menghadirkan sejumlah peningkatan supaya perangkat tersebut berbeda dengan generasi sebelumnya, baik itu dari segi layar, dimensi, maupun bobot.

Di atas kertas, Samsung Z Fold 4 sebenarnya memiliki layar utama (main screen) yang sama dengan Galaxy Z Fold 3. Kedua ponsel tersebut mengadopsi layar Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan diagonal 7,6 inci.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Resmi Meluncur dengan Kamera 50 MP

Selain main screen, layar sekunder alias cover screen kedua ponsel lipat ini juga memiliki panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran yang identik, yaitu 6,2 inci.

Meski demikian, bezel pada layar utama dan layar sekunder di Samsung Z Fold 4 sedikit lebih tipis dari Galaxy Z Fold 3.

Bahkan, Samsung mengeklaim bahwa rasio layar ke bodi Galaxy Z Fold 4 berkisar di angka 91 persen, lebih besar dibanding Galaxy Z Fold 3 yang berkisar di angka 88 persen.

Dengan bezel yang lebih tipis ini, area layar yang bisa dipakai dan dilihat pengguna Galaxy Z Fold 4 otomatis terasa akan sedikit lebih luas meski ukuran layarnya sama dengan Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4 Sudah Bisa Dipesan di Indonesia

Modul UDC lebih samar

Bagian depan Galaxy Z Fold 4.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian depan Galaxy Z Fold 4.

Masih soal layar, Samsung Z Fold 4 dibekali dengan kamera selfie under display (UDC) 4 MP di layar utamanya. Menurut Samsung, modul tersebut kini bisa dilihat lebih samar dibanding modul yang sama di Galaxy Z Fold 3.

Kami merasakan bahwa modul UDC kini memang lebih disamarkan, terlebih apabila layar menampilkan warna gelap seperti hitam.

Namun, modul akan tetap terlihat sedikit dan piksel-piksel yang menutupnya akan kentara jika layar menampilkan warna-warna terang seperti putih. 

Di samping modul UDC, visibilitas garis lipatan (crease) di Galaxy Z Fold 4 juga masih bisa dilihat dengan gamblang seperti crease di Galaxy Z Fold 3.

Namun, hal ini terasa tidak begitu mengganggu pengalaman menonton atau bermain game, dan Anda akan terbiasa dengan crease seperti ini seiring berjalannya waktu.

Kemudian untuk tingkat kecerahan, layar Samsung Z Fold 4 terasa sama terangnya dengan Galaxy Z Fold 3. Sebab, keduanya memiliki tingkat kecerahan layar maksimal hingga 1.200 nits.

Artinya, konten yang ditampilkan layar masih bisa dilihat dengan cukup jelas di bawah sinar matahari yang cukup terik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.