Cara Membuat Komunitas Twitter Sendiri dengan Mudah

Kompas.com - 29/08/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Komunitas merupakan salah satu fitur dari Twitter yang mungkin belum banyak diketahui. Lalu, apa itu komunitas Twitter? Komunitas Twitter adalah forum yang berisi sekelompok pengguna dengan minat dan ketertarikan yang sama.

Di Twitter, Anda bisa gabung ke beberapa komunitas dengan minat dan ketertarikan yang beragam, misalnya komunitas dengan minat untuk jual-beli barang, komunitas dengan ketertarikan bahasan seputar teknologi, dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Fitur Komunitas yang Tengah Ramai di Twitter, Mirip Grup Facebook

Gabung komunitas Twitter bisa dilakukan lewat tautan undangan yang dibagikan oleh anggota. Selain gabung, sejatinya Anda juga bisa membuat komunitas Twitter sendiri untuk mengumpulkan pengguna dengan minat atau ketertarikan yang sama.

Lantas, bagaimana cara membuat komunitas Twitter? Untuk membuat komunitas Twitter, pastikan bahwa Anda telah bergabung dengan satu komunitas lain terlebih dahulu. Ini berfungsi untuk mengaktifkan halaman linimasa komunitas Twitter di layar aplikasi.

Perlu diketahui, halaman linimasa komunitas Twitter untuk saat ini tidak bakal langsung muncul di layar aplikasi. Pengguna perlu bergabung dengan satu komunitas lain terlebih dahulu supaya bisa memunculkan halaman linimasa tersebut.

Bila halaman linimasa komunitas Twitter telah aktif, bakal muncul ikon berbentuk dua orang yang terdapat di bagian bawah sisi tengah layar aplikasi. Lewat halaman tersebut, Anda bisa untuk membuat komunitas Twitter sendiri.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan seputar cara membuat komunitas Twitter melalui halaman linimasa komunitas.

Baca juga: Apa itu Akun Bot atau Spam yang Bikin Elon Musk Tunda Beli Twitter?

Cara membuat komunitas Twitter

  • Buka aplikasi Twitter dan klik ikon berbentuk dua orang yang terdapat di bagian bawah sisi tengah layar aplikasi.
  • Jika halaman linimasa komunitas Twitter telah terbuka, silakan klik ikon berbentuk dua orang dengan tanda tambah yang berada di pojok kanan atas layar aplikasi.
  • Selanjutnya, mulai buat komunitas Twitter.
  • Masukkan nama dan deskripsi singkat tentang komunitas yang hendak dibuat.
  • Atur keanggotaan komunitas, bisa tertutup atau terbuka. Bila terbuka, artinya semua pengguna bisa gabung komunitas tanpa harus disetujui. Jika tertutup, berarti untuk gabung ke komunitas yang Anda buat perlu persetujuan dulu.
  • Setelah itu, klik opsi “Create” atau “Buat” dan kini komunitas Twitter milik Anda berhasil dibuat.
    Ilustrasi cara membuat komunitas Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat komunitas Twitter.
  • Saat berhasil dibuat, Anda otomatis bakal menjadi admin dari komunitas Twitter itu.
  • Anda bisa menambahkan peraturan komunitas dengan cara klik opsi pengaturan yang berada di halaman profil komunitas.
  • Di halaman profil komunitas, Anda juga bisa menggundang pengguna lain untuk jadi anggota dengan klik opsi “Undang”, lalu tambahkan beberapa akun pengguna lain. Undangan tersebut bakal dikirim via DM (direct message).
  • Selain lewat DM, untuk mengajak pengguna lain agar gabung ke komunitas Twitter milik Anda, caranya bisa juga dengan membagikan tautan undangan. Caranya, klik ikon tanda panah atas yang berada di halaman profil komunitas.

Ilustrasi mengundang anggota lain ke komunitas Twitter.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi mengundang anggota lain ke komunitas Twitter.

Untuk diketahui, Anda sebagai admin memiliki kemampuan untuk membuat anggota menjadi moderator, yang bisa membantu mengelola komunitas. Kemudian, Anda juga bisa untuk mengeluarkan anggota yang dinilai melanggar peraturan komunitas.

Cukup mudah bukan untuk membuat komunitas Twitter sendiri? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal lewat aplikasi Twitter di iPhone berbasis iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses Twitter, mungkin bakal beda pula letak opsinya.

Baca juga: Apa itu Space yang Jadi Pusat Keramaian Fans K-Pop di Twitter?

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat komunitas Twitter sendiri dengan mudah, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.