Kompas.com - 30/08/2022, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Samsung awal Agustus ini meluncurkan smartphone lipat baru bertajuk Galaxy Z Fold 4 bersamaan dengan peluncuran Galaxy Z Flip 4. Ponsel lipat ini secara umum mengusung desain dan konsep lipat yang sama seperti pendahulunya.

Pada Galaxy Z Fold 4, Samsung menyertakan layar utama yang ketika dibentangkan menyerupai tablet. Ada pula layar luar yang membuatnya tampak seperti ponsel pada umumnya ketika Galaxy Z Fold 4 dilipat.

Samsung Galaxy Z Fold 4 berjalan dengan sistem operasi (OS) Android. Namun seorang youtuber bernama Mark Spurrel memodifikasi ponsel lipat itu agar dapat berjalan dengan OS Windows 10 dan Windows Phone. OS Windows-nya diterapkan pada layar utama Galaxy Z Fold 4 dan OS Windows Phone pada layar luar ponsel.

Berdasarkan penjelasan dalam video yang diunggah di saluran Youtube Mark Spurrell, Spurrell menggunakan dua aplikasi launcher yaitu Square Home dan Win-X Launcher untuk mengubah antarmuka layar Galaxy Z Fold 4. Selain itu, ia juga memanfaatkan Bixby Routines agar tampilan layar luar Galaxy Z Fold 4 bisa tampil seperti Windows Phone.

Untuk menjalankannya, Spurrel awalnya mengubah launcher pada layar utama ponsel menjadi Win-X Launcher. Adapun pada layar luarnya, menggunakan launcher Square Home. Di sinilah Bixby Routines berperan karena bertugas memerintahkan ponsel untuk meluncurkan launcher Square Home pada layar luar ponsel begitu Galaxy Z Fold 4 dilipat.

Setelah pengaturan tersebut selesai, layar utama Galaxy Z Fold 4 tampil seperti desktop atau laptop yang berjalan dengan OS Windows, dengan beberapa menu khas Windows seperti tombol Windows, ikon pencarian menu, short cut aplikasi, kalendar dan widget lainnya.

Galaxy Z Fold 4 WindowsMark Spurrell Galaxy Z Fold 4 Windows

Begitu pula dengan layar luarnya yang terlihat seperti ponsel Windows Phone dengan serangkaian menu berlogo kotak khas Windows Phone yang dapat dipindahkan posisinya sesuai keinginan.

Galaxy Z Fold 4 WindowsMark Spurrell Galaxy Z Fold 4 Windows

Sayangnya transisi antara tampilan Windows Phone ke Windows dari layar luar ketika ponsel dibentangkan, terlihat tidak mulus dan memiliki jeda cukup lama. Untuk itu, Spurrell kemudian memilih menggunakan Win-X Launcher sepenuhnya, sehingga layar luar Galaxy Z Fold 4 juga tampil seperti layar utamanya.

Spesifikasi Galaxy Z Fold 4

Setelah diluncurkan global di AS, Galaxy Z Fold 4 juga sudah tersedia di Indonesia. Soal spesifikasinya, smartphone ini tampil dengan layar Dynamic AMOLED 2X berbentang 7,6 inci, resolusi 2176 x 1812 piksel dan refresh rate 120 Hz.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.