Kompas.com - 30/08/2022, 19:30 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Samsung mengatakan bahwa ponsel lipat terbaru mereka, Galaxy Z Fold 4 memiliki struktur bodi yang lebih kuat.

Beberapa aspek yang diperbarui untuk meningkatkan ketahanan perangkat tersebut adalah layar Ultra Thin Glass yang diklaim lebih kuat, pelapis bingkai dan engsel Armor Aluminum yang lebih kokoh, dan masih banyak lagi.

Untuk membuktikan beragam klaim yang dilontarkan Samsung tersebut, YouTuber "JerryRigEverything" menyiksa Galaxy Z Fold 4.

"Menyiksa" dalam hal ini adalah melakukan pengujian terhadap ketahanan Samsung Galaxy Z Fold 4. Ia menggores layar ponsel lipat tersebut dengan berbagai benda padat dan tajam, mengikis bagian bingkainya dengan pisau, hingga mencoba membelah ponsel tersebut menjadi dua bagian.

Baca juga: Samsung Umumkan Nasib Galaxy Z Fold 3

Video penyiksaan Samsung Galaxy Z Fold 4 tersebut diunggah di YouTube dengan "Samsung Z Fold 4 Durability Test! - Samsung says its 'Unbreakable'?!". Video tersebut berdurasi hampir 10 menit.

Pada tahap awal, sang pemilik kanal JerryRigEverything, yaitu Zack Nelson mencoba menggores layar sekunder (Cover Screen) Samsung Galaxy Z Fold 4 yang mengusung panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci.

Seperti diketahui, Zack selalu menggunakan ukuran tingkat kekerasan layar alias Mohs Scale of Hardness dengan skala 2 hingga 7.

Jika layar berbahan plastik, maka ia akan tergores benda tajam di level 2-4. Lalu apabila kaca, layar akan tergores di level 5-7. Sementara apabila layar berbahan safir, maka ia akan tergores di level 8-9.

"Layar depan Galaxy Z Fold 4, yang dilapisi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 6, tergores di level 6, sedangkan efek goresan semakin dalam di level 7," tutur Zack, dikutip KompasTekno dari YouTube, Selasa (30/8/2022).

Layar utama mudah tergores

Uji ketahanan layar utama Galaxy Z Fold 4.YouTube.com/JerryRigEverything Uji ketahanan layar utama Galaxy Z Fold 4.
Setelah layar sekunder, Zack kemudian menggores layar utama (Main Screen) Galaxy Z Fold 4 yang memiliki panel Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 7,6 inci.

Halaman:
Sumber YouTube


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.