Kompas.com - 10/09/2022, 09:05 WIB

KOMPAS.com - Apple resmi mengenalkan dua iPhone versi “Pro” sebagai penerus iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, dalam acara Apple Event yang digelar secara virtual pada Kamis dini hari (8/9/2022), 00.00 WIB.

Sama seperti pendahulunya, menyandang gelar “Pro”, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dikenalkan Apple sebagai model tertinggi di jajaran iPhone 14. Salah satu fitur terkini yang dibawa Apple ke iPhone 14 versi “Pro” terletak di desain layar.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Baik iPhone 14 Pro maupun iPhone 14 Pro Max, keduanya tak lagi menggunakan desain layar notch atau poni yang lebar. Sebagai gantinya, layar kedua iPhone versi “Pro tersebut menggunakan desain yang bernama “Dynamic Island”.

Dengan desain Dynamic Island, layar iPhone 14 versi “Pro” memiliki poni yang berbentuk oval menyerupai pil, bukan lagi persegi panjang. Poni “Dynamic Island” diletakkan tepat di tengah-tengah layar bagian atas iPhone,

Jadi, poni baru tersebut tampak seperti “mengambang” di layar. Poni “Dynamic Island” tidak menempel dengan bezel bagian atas seperti desain poni lebar khas Apple yang dipakai di iPhone X hingga iPhone 14 versi “non-Pro”.

Bila tertarik untuk mengetahui mengenai fitur poni baru “Dynamic Island yang dipakai di kedua iPhone versi “Pro” terbaru, silakan baca lebih lanjut di artikel ini “Mengenal Dynamic Island di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max”.

Sementara itu, dengan digunakannya poni Dynamic Island, artinya Apple resmi menanggalkan desain layar poni lebar. Desain layar notch lebar berarti terakhir dipakai di iPhone 14 versi “reguler” dan iPhone 14 Plus.

Sejarah layar notch Apple

Peluncuran iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max dapat dikatakan menjadi titik baru perubahan desain layar ponsel Apple yang telah digunakan selama 6 tahun ini.

Untuk diketahui, desain layar notch lebar khas Apple sejatinya telah muncul sejak tahun 2017 melalui iPhone X. Kala itu, iPhone X juga menjadi titik baru peralihan desain layar ponsel Apple dari sebelumnya menggunakan layar dengan bezel tebal di atas dan bawah.

Melalui iPhone X, Apple memperkenalkan pertama kali desain layar iPhone dengan konsep bazel-less (jarak antara layar dan bezel ujung bodi yang tipis). Untuk mendukung konsep itu, Apple harus menghapus Home Button (tombol “Home”) yang ikonik.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.