Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda Akun WhatsApp Diblokir Sementara serta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 03/10/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tak jarang ditemukan masalah pada aplikasi pesan instan WhatsApp atau yang disingkat WA. Salah satu permasalahan yang mungkin kerap dijumpai pengguna saat menggunakan WhatsApp adalah pemblokiran akun sementara.

Adapun tanda WA diblokir sementara adalah munculnya pesan di layar aplikasi yang menjelaskan bahwa akun telah “Diblokir Sementara”. Saat pesan itu muncul, pengguna tak bisa mengakses semua layanan WA, seperti chat, voice call, video call, dan lainnya.

Baca juga: 4 Penyebab serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Update WhatsApp di Android dan iOS

Masalah WhatsApp diblokir sementara bisa muncul secara mendadak. Lantas, kenapa tiba-tiba WA diblokir sementara? Penjelasan mengenai penyebab WA diblokir sementara bisa dilihat lebih lanjut di bawah ini.

Penyebab WA diblokir sementara

Dikutip dari laman resmi FAQ WhatsApp, masalah WhatsApp diblokir sementara bisa terjadi karena pengguna memakai aplikasi WhatsApp versi modifikasi (WhatsApp Mod), seperti WA GB, WA Aero, WA Yo, WA Plus, FMWhatsApp, dan lainnya.

Semua aplikasi WhatsApp Mod tersebut tidak dikembangkan secara resmi oleh pihak WhatsApp, tapi oleh pengembang pihak ketiga. Pengembangan aplikasi WhatsApp Mod sendiri juga sejatinya tidak mendapat izin dari pihak WhatsApp.

Jadi, dengan kata lain, aplikasi WA GB, WA Yo, dan lainnya, merupakan aplikasi ilegal. Untuk diketahui, WhatsApp Mod umumnya tidak tersedia di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store.

Pengguna bisa mendapatkan WhatsApp Mod lewat file APK yang tersedia di situs web pengembang masing-masing. Akibat tergolong sebagai aplikasi ilegal, pengguna yang tetap memakai WhatsApp Mod bakal dikenai sanksi dari pihak WhatsApp.

Baca juga: Status Online WhatsApp Bisa Disembunyikan dari Orang Tertentu

Sanksi tersebut berupa pemblokiran akun sementara hingga selamanya (permanen). Pada sanksi pemblokiran sementara, pengguna masih diberi kesempatan untuk beralih ke aplikasi WhatsApp resmi. Bila tak segera beralih maka akun bakal diblokir permanen.

Lalu, bagaimana cara memperbaiki WhatsApp yang terblokir sementara? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara dengan beralih dari aplikasi WhatsApp Mod ke aplikasi WhatsApp resmi.

Cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara

  • Bila akun telah diblokir sementara, tunggu hingga dibuka kembali. Pada layar aplikasi WhatsApp Mod bakal terdapat penunjuk waktu yang memperlihatkan durasi pemblokiran akun.
  • Sebelum berpindah, jangan lupa cadangkan chat WhatsApp lebih dulu. Di WhatsApp Mod, cara pencadangan chat bisa dimulai dengan mengetuk "Opsi lainnya" > "Chat" > "Cadangan chat".
  • Setelah mencadangkan chat, bukalah menu pengaturan ponsel, lalu ketuk "Penyimpanan" > "File".
  • Temukan folder WhatsApp Mod, kemudian ketuk dan tahan hingga muncul opsi di sudut kanan atas. Klik "Lainnya" > "Ubah Nama", lalu ubah nama folder menjadi "WhatsApp". Kemudian, unduh aplikasi resmi WhatsApp di Play Store. Setelah terinstal, silakan login akun di aplikasi WhatsApp resmi.
  • Pada halaman pengaturan pencadangan di aplikasi WhatsApp resmi, ketuk "Pulihkan" > "Berikutnya". WhatsApp kemudian akan memulihkan chat yang telah dicadangkan tadi.

Baca juga: Kenapa WhatsApp Muncul Tulisan “Akun Ini Tidak Diizinkan Menggunakan WhatsApp karena Spam”?

Perlu diketahui, cara ini mungkin akan membantu memindahkan chat dari aplikasi WhatsApp Mod ke aplikasi resmi, tapi tidak ada jaminan akan sukses 100 persen karena pihak WhatsApp tidak mendukung aplikasi yang ilegal.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar tanda WA diblokir sementara, serta penyebab dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com