Status Online WhatsApp Bisa Disembunyikan dari Orang Tertentu

Kompas.com - 09/08/2022, 15:22 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp akhirnya bakal menghadirkan salah satu fitur yang banyak dinanti-nanti pengguna, yaitu menyembunyikan status "online" di WhatsApp, meski sedang aktif.

Dengan begitu, pengguna lebih memiliki kontrol untuk menampilkan status online kepada orang-orang yang diinginkannya saja.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Selasa (9/8/2022), WhatsApp memastikan bakal menggulirkan fitur untuk menyembunyikan status online di WhatsApp pada Agustus ini.

"WhatsApp memahami bahwa status online tidak selalu berarti Anda bersedia untuk mengobrol. Pengaturan baru memungkinkan pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat melihat status online mereka," tulis WhatsApp dalam keterangan resminya.

Baca juga: Resmi, Fitur Baru WhatsApp Mungkinkan Pengguna Keluar Grup Diam-diam

Status bertuliskan "online" ini tertera tepat di bawah nama kontak pengguna. Bila status online muncul, artinya pengguna sedang membuka aplikasi WhatsAapp, entah itu sedang chatting, scrolling beranda WhatsApp, atau sedang membuat Status WhatsApp.

Mengetahui sedang online, pengguna lain bisa saja langsung bergegas mengirimi pesan, dan berharap bahwa pesannya segera dibaca dan dibalas.

Persoalannya, sebagian pengguna WhatsApp lebih menyukai bila status "online" tersebut tidak terlihat oleh orang tertentu. Sehingga, orang tersebut tidak perlu mengetahui apakah pengguna sedang aktif di WhatsApp atau tidak.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu merasa tertekan atau tak enak hati bila menunda atau mengabaikan pesan masuk dari pengguna lain ketika sedang aktif di WhatsApp.

Cara sembunyikan status online

Meski belum resmi dirilis resmi ke pengguna, WhatsApp sudah membagikan ilustrasi cara menyembunyikan status online ini.

Baca juga: Resmi, Pesan Sekali Lihat di WhatsApp Tidak Bisa Di-screenshot Lagi

Nantinya, opsi untuk menyembunyikan status online WhatsApp bakal tersedia di menu "Privasi". Cara mengaksesnya, pengguna tinggal buka Settings (setelah) > Account (akun) > Privacy (privasi) > last seen & online (terakhir dilihat dan online).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.