Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 14 Pro Max Jadi Ponsel dengan Layar Terbaik Versi DxOMark

Kompas.com - 03/10/2022, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber DxOMark

KOMPAS.com - DxOMark melakukan pengujian terhadap ponsel varian tertinggi bikinan Apple, iPhone 14 Pro Max.

Pengujian yang dilakukan kali ini adalah menguji performa dari layar dan suara perangkat. Hasilnya, pengujian DxOMark menobatkan iPhone 14 Pro Max merupakan smartphone dengan kualitas layar terbaik.

Di laman DxOMark, iPhone 14 Pro Max menduduki peringkat pertama dengan skor keseluruhan mencapai 149. Dalam pengujian ada aspek kategori yang diuji.

Keenam aspek tersebut antara lain, warna (color), keterbacaan (readability), pengalaman mengambil video (video), pengalaman menyentuh layar (touch), motion, hingga elemen ekstra yang memengaruhi pengalaman pengguna (artifacts).

Baca juga: iPhone Belasan Pejabat RI Dilaporkan Disusupi Software Mata-mata Buatan Israel

DxOMark menilai bahwa kualitas tampilan layar iPhone 14 Pro Max di luar ruangan dan fitur mode HDR perangkat hampir sempurna. Ditambah, saat dicoba untuk bermain game atau menonton film, minim terjadi frame drop.

Kemudian, saat smartphone digunakan di luar ruangan, layar iPhone 14 Pro Max mampu memiliki tingkat kecerahan mendekati 2.000 cd/sq.m. Angka ini membuat pengoperasian ponsel meski dalam kondisi di bawah cahaya terik masih nyaman digunakan. 

Meski demikian, DxOmark menemukan ada beberapa kekurangan di layar iPhone 14 Pro Max, namun, bukanlah masalah yang signifikan. Misalnya, saat melihat tampilan layar di suatu sudut, warnanya akan tampak agak kehijauan.

Kemudian, beralih ke hasil uji coba suara perangkat, iPhone 14 Pro Max menduduki peringkat kesembilan dengan skor 142 dan peringkat keempat untuk kategori ponsel flagship.

Hasil uji coba suara perangkat memiliki performa yang dinilai cocok digunakan bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film.

Saat perangkat digunakan untuk merekam suara yang kencang, seperti suara konser, drama, pertunjukkan, dan sebaiknya, iPhone 14 Pro Max dapat menangkap dan merekam sumber suara dengan baik.

Hanya saja, kekurangan yang ditemukan DxOMark di iPhone 14 Pro Max adalah suara yang direkam dapat terjadi distorsi saat mendengarkan musik dengan volume paling tinggi.

Kemudian, suara yang direkam saat berada di luar ruangan menjadi kurang terdengar. Dikarenakan suara kebisingan di lingkungan sekitar masuk saat suara direkam, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Senin (3/10/2022).

Baca juga: iPhone 14 Pro Max Dipreteli, Seperti Ini Isinya

Spesifikasi iPhone 14 Pro Max

iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengusung poni dengan desain yang berbeda dari generasi sebelumnya.Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengusung poni dengan desain yang berbeda dari generasi sebelumnya.
iPhone 14 Pro Max mengusung layar berpanel LTPO Super Retina XDR OLED dengan bentang seluas 6,7 inci. Di bagian layar depan, perangkat ini dihiasi oleh punch hole lebar yang diberi nama Dynamic Island.

Di sektor fotografi, iPhone 14 Pro Max dibekali tiga kamera belakang yang terdiri dari 48/12/12 MP dengan kamera depan (selfie) 12 MP. Sedangkan, di sektor hardware, iPhone 14 Pro Max ditenagai chipet A16 Bionic dan dipadukan dengan memori internal 128/256/512 GB dan 1 TB.

Perangkat teranyar ini sudah muncul di laman resmi Apple Indonesia. Kendati begitu, situs tersebut masih belum mengungkapkan harga dari iPhone 14 Pro Max di Indonesia.

Apabila mengacu dari harga banderol Amerika Serikat, iPhone 14 Pro Max varian 128 GB dipatok seharga 1.099 dollar AS (Rp 16,4 juta), sedangkan untuk varian 1 TB seharga 1.599 dollar AS (Rp 23,8 juta).

Untuk lebih jelas terkait rincian harga iPhone 14 series, bisa baca artikelnya di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber DxOMark
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com