Kompas.com - 06/10/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Platform microblogging Twitter mengumumkan bahwa seluruh penggunanya sudah bisa mengunggah foto, video, hingga GIF dalam satu tweet. Informasi tersebut disampaikan perusahaan melalui blog resminya, Rabu (5/10/2022).

Sebelumnya, pengguna Twitter hanya dapat memilih satu format media dalam satu unggahan saja. Misalnya, saat ingin mengunggah cuitan disertai visual tambahan, pengguna harus memilih, apakah konten visual yang dipublikasi ingin berbentuk foto/video/GIF.

Dikarenakan sistem Twitter versi sebelumnya tidak memungkinkan pengguna untuk menggabungkan elemen visual dengan format yang berbeda-beda. Namun, dengan adanya kebaruan ini, pengguna akan lebih leluasa untuk menentukan format media yang ingin diunggah.

Baca juga: Setelah Drama Panjang, Elon Musk Akhirnya Jadi Beli Twitter

Mengacu pada blog resmi Twitter, kehadiran fitur ini ditujukan untuk membantu para kreator agar dapat lebih mengekspresikan diri mereka melalui cuitan yang diunggah.

“Menggabungkan berbagai jenis konten visual dalam satu tweet memungkinkan konten kreator untuk mengekspresikan diri mereka lebih dari 280 karakter (karakter maksimal di Twitter) dan (dapat) memberi mereka lebih banyak cara untuk menceritakan kisah,” tulis Twitter.

Beberapa konten kreator pun menyambut kebaruan fitur ini dengan antusias. Salah satu adalah fotografer konser bernama Jake Chamseddine dengan handle @JakeChams.

Jake mengunggah konten yang menyertakan dua format video yang berbeda, yaitu foto dan video. Adapun ia juga menyertakan cuitan singkat seperti “The photo vs the process” atau bisa diartikan “hasil foto vs proses yang dilakukan”.

Baca juga: Twitter Rilis Fitur Video Vertikal Serupa TikTok

Tangkapan layar fitur baru Twitter (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Tangkapan layar fitur baru Twitter (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)
Masih dalam laporan yang sama, platform microblogging tersebut juga memaparkan bahwa fitur tersebut sudah hadir di perangkat iOS ataupun Android.

Pantauan KompasTekno, Kamis (6/10/2022), pengumuman fitur baru ini sudah muncul ketika pengguna ingin membuat cuitan baru. Pertama-tama, ketuk ikon tambah di bagian kanan bawah.

Lalu, pengguna bakal disambut dengan pop-up notifications yang memenuhi layar perangkat dengan tulisan “Photos, videos, and GIFs — in one Tweet”. Kendati begitu, tampaknya fitur ini masih belum digulirkan ke Twitter berbasis web, seperti MacOS dan Windows.

Adapun baru-baru ini Twitter juga mengumumkan fitur baru lainnya, yaitu “Immersive media viewer”. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memutar video vertikal (rasio 9:16) yang mirip TikTok dan Instagram Stories.

Baca juga: Twitter Jajal Fitur Edit Tweet, Begini Tampilannya

Ketika video tersebut ditonton, konten tersebut bakal muncul dalam satu layar penuh. Bila ingin beraih ke konten video lain, pengguna tinggal menggulir layar ke atas (swipe up).

Namun, untuk saat ini, fitur tersebut baru akan digulirkan ke perangkat iOS yang menggunakan setelan bahasa Inggris di Twitter. Untuk lebih lengkapnya, bisa baca artikel “Twitter Rilis Fitur Video Vertikal Serupa TikTok” di sini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.