Kompas.com - 01/11/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Instagram down atau mengalami gangguan dilaporkan terjadi pada Senin malam (31/10/2022), sekitar pukul 20.40 WIB. Saat Instagram down terjadi, beberapa pengguna mengeluh tak bisa melakukan login akun.

Selain itu, terdapat pula akun yang tiba-tiba terkena suspend tanpa alasan yang jelas. Salah contoh dari masalah akun Instagram kena suspend akibat terjadi gangguan bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @GeprekBoba, sebagaimana tertera di bawah ini.

Baca juga: Kenapa Ramai Akun Instagram Ditangguhkan Tadi Malam, Ini Penyebabnya

Tak hanya akun tersebut, akun dengan handle @sclynamoo juga membagikan twit berisi masalah akun Instagram yang terkena suspend atau penangguhan.

Dari dua unggahan twit di atas, diketahui juga terdapat pesan peringatan yang menyatakan bahwa akun tersebut telah melanggar panduan komunitas (Community Guideliness).

Kendati muncul pesan seperti itu, namun beberapa pengguna yang akun Instagramnya terkena suspend mengaku atau merasa tidak melakukan pelanggaran apa pun. Lantas, bagaimana cara mengembalikan akun Instagram yang kena suspend?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai cara mengatasi akun Instagram kena suspend tanpa alasan yang jelas.

Cara mengatasi akun Instagram kena suspend

Dikutip dari halaman bantuan atau help Instagram, pengguna dapat melihat pesan akun tengah ditangguhkan, suspend, atau dinonaktifkan, saat hendak login. Pesan tersebut muncul kemungkinan besar karena pengguna dinilai telah melanggar panduan komunitas.

Namun, apabila merasa penonaktifkan akun tersebut tidak tepat atau sebuah kesalahan dari Instagram, pengguna dapat meminta pihak Instagram untuk meninjau kembali keputusan tersebut.

Caranya, buka aplikasi Instagram dan login akun dengan memasukkan username dan password. Setelah itu, ikuti petunjuk yang tertera di layar untuk membantu meninjau ulang keputusan penonaktifan akun dan memulihkannya kembali.

Selain itu, bisa juga dengan mengisi formulir aduan penonaktifan akun di tautan ini. Pada formulir itu, pengguna akan diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, alamat e-mail, dan nama akun Instagram.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.