Kompas.com - 07/11/2022, 08:46 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Twitter mulai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) alias pada ribuan karyawannya secara global. Dikabarkan terdapat sekitar 3.700 karyawan yang terdampak langkah perusahaan yang biasa disebut layoff itu.

PHK massal ini dilakukan beberapa hari pasca CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk resmi diangkat jadi pemilik Twitter, usai penundaan selama berbulan-bulan.

Menurut Musk, PHK harus dilakukan untuk menyelamatkan bisnis Twitter yang belakangan merugi karena sepi pengiklan.

Baca juga: Twitter Lakukan PHK Massal Global, Ribuan Karyawan Terdampak, Termasuk Indonesia

Karyawan Twitter yang terkena PHK sendiri mendapat e-mail dari manajemen pada 3-4 November 2022.

E-mail tersebut, yang dikirimkan ke alamat email pribadi masing-masing karyawan, kabarnya memiliki judul "Your Role at Twitter", dan berisi tentang alasan mengapa Twitter harus melakukan PHK besar-besaran.

Sejumlah karyawan Twitter yang terkena layoff lantas bersuara di media sosial, utamanya di Twitter itu sendiri. Mereka bercerita bahwa perjalanan mereka di Twitter berakhir, sembari memberi tagar #LoveWhereYouWorked dan #OneTeam.

Dari tagar ini, begitu juga e-mail yang diterima karyawan tadi, bisa diketahui bahwa PHK massal yang dilakukan Twitter ternyata terjadi secara instan dan penuh dengan drama.

Baca juga: Elon Musk Pecat 4 Petinggi Twitter, Salah Satu Digiring Keluar Gedung

Korban PHK Twitter dilarang ke kantor

Ilustrasi logo Twitter.twistarticle.com Ilustrasi logo Twitter.

Dalam e-mail PHK yang diterima karyawan tadi, Twitter mengatakan bahwa mereka yang terkena layoff tidak boleh lagi datang ke kantor. Hal ini dilakukan untuk melindungi data internal Twitter, serta membantu proses kelancaran PHK karyawan.

"Jika Anda sedang berada di kantor atau sedang dalam perjalanan ke kantor, kami mohon Anda untuk kembali pulang ke rumah," tulis Twitter dalam surat pemecatan kepada karyawan.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.