Kompas.com - 16/11/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Industri teknologi dunia dilanda badai pemutusan hubungan kerja (PHK) dalam beberapa bulan terakhir.

Perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara, Sea Group Limited (Ltd) pun tak luput dari badai PHK ini. Sea sendiri memiliki tiga bisnis utama, yaitu marketplace Shopee, video game Garena, dan perbankan SeaMoney.

Menurut laporan The Information, Sea Ltd dilaporkan telah merumahkan (layoff) 7.000 karyawannya selama enam bulan terakhir. Angka tersebut mewakili 10 persen dari total karyawan Sea.

Hal ini dilakukan karena Sea terseok-seok untuk meraup keuntungan. Setidaknya begitulah menurut sumber yang mengetahui soal masalah ini.

Baca juga: Amazon Bakal PHK 10.000 Karyawan, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Dari badai PHK Sea, Shopee disebut-sebut menjadi bisnis yang paling terdampak. Menurut informasi orang dalam, Shopee baru saja kembali melakukan PHK pada Senin (14/11/2022). 

Ini disebut-sebut menjadi kloter PHK ketiga yang dilakukan Shopee sepanjang tahun 2022, setelah putaran PHK pada September lalu.

Belum ada informasi soal jumlah pegawai Shopee yang terdampak PHK pada November ini. Pun, wilayah operasional Shopee mana saja yang melakukan PHK. Namun, putaran PHK Shopee ini membuat sejumlah karyawan di tim Tim yang terkena dampak kali ini termasuk yang berasal dari HRD dan pengembangan.

Angelica Pasiola mengaku sebagai pegawai Shopee Singapura yang terkena layoff baru-baru ini. Dalam sebuah posting di laman LinkedIn miliknya, Pasiola mengatakan bahwa ia baru menerima kabar bahwa dirinya di-PHK saat datang ke kantor pada Senin (14/11/2022) pagi.

Pihak Shopee Singapura tidak mengonfirmasi soal kabar PHK kloter ketiga ini. Dalam sebuah pernyataan tertulis, Shopee Singapura hanya mengatakan bahwa pihaknya bertujuan untuk mencapai swasembada (memenuhi kebutuhan perusahaan sendiri).

Baca juga: Shopee Indonesia PHK Karyawan, Bagaimana Operasi Bisnisnya?

“Kami terus meninjau dengan cermat proyek dan prioritas bisnis kami untuk memastikan kami mengoptimalkan efisiensi operasi, sejalan dengan tujuan kami untuk mencapai swasembada. Kami juga bakal mendukung kolega kami yang terkena dampak selama masa transisi ini," kata Shopee sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Starit Times, Rabu (16/11/2022).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.