Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Layar HP Tiba-tiba Jadi Berwarna Ungu dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 05/12/2022, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Layar touchscreen pada handphone (HP) punya peranan penting. Fungsi kontrol dan navigasi pada HP dijalankan semua melalui layar itu. Bila terjadi kerusakan pada layar HP, pengguna mungkin bakal kerepotan untuk menjalankan fungsi tersebut.

Adapun salah satu contoh kerusakan layar HP yang bisa mengakibatkan terganggunya fungsi kontrol dan navigasi adalah terjadi perubahan warna di panel menjadi ungu. Bercak ungu di layar HP bisa muncul secara tiba-tiba.

Baca juga: Viral Mantra Harry Potter “Lumos” Bisa Menyalakan Flash HP, Begini Caranya

Bercak tersebut bisa menyebar di seluruh bagian panel layar atau sebagian saja. Saat masalah layar HP ungu terjadi, panel tidak bisa menampilkan warna sebagaimana mestinya. Lantas, kenapa layar HP bisa berwarna ungu?

Secara garis besar, masalah layar HP ungu disebabkan lantaran telah terjadi kerusakan hardware. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab layar HP berwarna ungu dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab layar HP berwarna ungu

Dikutip dari Techinpages, layar HP bisa berwarna ungu mengindikasikan telah terjadi kerusakan di komponennya. Kerusakan tersebut berupa layar retak di bagian dalam dan cairan (liquid) pada panel merembes ke permukaan.

Cairan yang merembes akhirnya membuat panel layar berwarna ungu. Keretakan layar di bagian dalam dan membuat cairannya merembes itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum, penyebabnya adalah layar HP sering mendapat tekanan.

Misalnya, seperti HP yang sering dijatuhkan oleh pengguna. Saat terjatuh, layar HP mungkin kaca atau lapisan luarnya tidak tampak mengalami retakan. Tapi, komponen dalamnya bisa saja terganggu atau mengalami keretakan sehingga cairan merembes.

Baca juga: Mengapa Desain Smartphone Kini Tampak Hampir Mirip Semua?

Selain karena sering terjatuh, keretakan komponen di dalam layar yang menimbulkan rembesan cairan juga bisa diakibatkan oleh tindihan. Contohnya, seperti HP yang diduduki oleh pengguna.

Atau bisa juga, HP di kasur yang tertindih pengguna saat tidur. Kedua aktivitas tindihan tersebut bisa menimbulkan tekanan pada HP sehingga membuat komponen dalamnya retak dan cairan merembes ke panel. Alhasil, masalah layar HP ungu bisa terjadi.

Layar HP yang berubah jadi berwarna ungu,bila dibiarkan lama-lama mungkin bakal bisa mempengaruhi fungsi sentuhnya. Layar jadi tidak bisa disentuh lagi sama sekali. Lalu, bagaimana cara mengatasi layar HP berwarna ungu.

Cara mengatasi Layar HP berwarna ungu

Ketika layar HP ungu terjadi, tidak ada solusi selain menggantinya dengan komponen yang baru. Bercak ungu yang menyebar di layar HP bukan disebabkan karena terjadi gangguan pada perangkat lunak.

Oleh karena itu, pengguna tidak dapat mengatasinya dengan cara umum seperti restart HP untuk menyegarkan kembali sistem perangkat lunak yang terganggu. Masalah layar HP ungu cenderung diakibatkan karena terjadi kerusakan hardware.

Jadi, apabila mengalami masalah layar HP ungu, segeralah membawanya ke tukang servis atau teknisi untuk diganti dengan komponen yang baru. Sebelum dibawa ke teknisi, sebisa mungkin telah melakukan pencadangan data terlebih dahulu.

Pencadangan tersebut berguna untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu hal di luar dugaan selama proses servis atau pergantian layar berlangsung. Pencadangan data bisa dilakukan dengan menghubungkan HP ke perangkat komputer atau laptop.

Seandainya telah dicadangkan, pengguna tak perlu khawatir apabila saat proses pergantian layar berlangsung terdapat tindakan pengaturan ulang perangkat ke setelan pabrik (reset factory) yang bisa menghapus semua data.

Data yang telah dicadangkan nantinya bisa dipulihkan kembali ketika proses servis selesai. Demikianlah penjelasan seputar penyebab dan cara mengatasi layar HP berwarna ungu secara tiba-tiba.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Berjalan atau Running Text di HP yang Tengah Ramai

Sebagai informasi tambahan, supaya masalah tidak terulang kembali setelah komponen berhasil diganti baru, sebisa mungkin hindarkan layar HP dari tekanan yang berlebih, seperti menjatuhkan atau menindihnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com