Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Layar HP Tiba-tiba Jadi Berwarna Ungu dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 05/12/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Layar touchscreen pada handphone (HP) punya peranan penting. Fungsi kontrol dan navigasi pada HP dijalankan semua melalui layar itu. Bila terjadi kerusakan pada layar HP, pengguna mungkin bakal kerepotan untuk menjalankan fungsi tersebut.

Adapun salah satu contoh kerusakan layar HP yang bisa mengakibatkan terganggunya fungsi kontrol dan navigasi adalah terjadi perubahan warna di panel menjadi ungu. Bercak ungu di layar HP bisa muncul secara tiba-tiba.

Baca juga: Viral Mantra Harry Potter “Lumos” Bisa Menyalakan Flash HP, Begini Caranya

Bercak tersebut bisa menyebar di seluruh bagian panel layar atau sebagian saja. Saat masalah layar HP ungu terjadi, panel tidak bisa menampilkan warna sebagaimana mestinya. Lantas, kenapa layar HP bisa berwarna ungu?

Secara garis besar, masalah layar HP ungu disebabkan lantaran telah terjadi kerusakan hardware. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai penyebab layar HP berwarna ungu dan cara mengatasi masalah tersebut.

Penyebab layar HP berwarna ungu

Dikutip dari Techinpages, layar HP bisa berwarna ungu mengindikasikan telah terjadi kerusakan di komponennya. Kerusakan tersebut berupa layar retak di bagian dalam dan cairan (liquid) pada panel merembes ke permukaan.

Cairan yang merembes akhirnya membuat panel layar berwarna ungu. Keretakan layar di bagian dalam dan membuat cairannya merembes itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum, penyebabnya adalah layar HP sering mendapat tekanan.

Misalnya, seperti HP yang sering dijatuhkan oleh pengguna. Saat terjatuh, layar HP mungkin kaca atau lapisan luarnya tidak tampak mengalami retakan. Tapi, komponen dalamnya bisa saja terganggu atau mengalami keretakan sehingga cairan merembes.

Baca juga: Mengapa Desain Smartphone Kini Tampak Hampir Mirip Semua?

Selain karena sering terjatuh, keretakan komponen di dalam layar yang menimbulkan rembesan cairan juga bisa diakibatkan oleh tindihan. Contohnya, seperti HP yang diduduki oleh pengguna.

Atau bisa juga, HP di kasur yang tertindih pengguna saat tidur. Kedua aktivitas tindihan tersebut bisa menimbulkan tekanan pada HP sehingga membuat komponen dalamnya retak dan cairan merembes ke panel. Alhasil, masalah layar HP ungu bisa terjadi.

Layar HP yang berubah jadi berwarna ungu,bila dibiarkan lama-lama mungkin bakal bisa mempengaruhi fungsi sentuhnya. Layar jadi tidak bisa disentuh lagi sama sekali. Lalu, bagaimana cara mengatasi layar HP berwarna ungu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.