Kompas.com - Diperbarui 25/11/2022, 07:33 WIB

KOMPAS.com - Belakangan ini, Twitter ramai pembahasan mengenai salah satu mantra sihir dari film Harry Potter “Lumos” dapat dipakai untuk menyalakan lampu kilat atau Flash HP. Keramaian itu muncul lewat unggahan twit dari akun base dengan handle @tanyakanrl.

Akun tersebut membagikan twit testimoni bahwa mantra Harry Potter Lumos bisa dipakai untuk menyalakan lampu Flash HP dengan memanfaatkan Google Assistant. Dari twit itu, beberapa pengguna lain pun terpantau turut mencobanya.

Baca juga: Viral di TikTok, Begini Cara Membuat Video Moon Phase Tanggal Lahir Sendiri dan Pasangan

Lalu, apakah benar lampu Flash HP bisa nyala dengan mantra Harry Potter Lumos? Perlu diketahui, mantra Lumos di film Harry Potter biasa diucapkan para tokohnya untuk membuat tongkat sihir dapat mengeluarkan cahaya, layaknya senter.

Yang menjadi cukup unik, mantra tersebut diadaptasi oleh layanan asisten suara di HP, seperti Google Assistant pada HP Android atau Siri pada iPhone. Google Assistant atau Siri sendiri umum dimanfaatkan buat mengakses fungsi HP lewat perintah suara.

Dengan diadaptasinya mantra itu di Google Assistant dan Siri, apabila pengguna menyebutkan kata “Lumos” lewat kedua layanan tersebut maka akan menghasilkan tindakan untuk menyalakan lampu Flash HP.

Alhasil, HP terasa jadi seperti tongkat sihir di film Harry Potter yang bisa berubah jadi lampu senter ketika diucapkan mantra Lumos. Lantas, bagaimana cara menyalakan lampu senter di HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos.

Untuk menyalakan Flash HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos, caranya sedikit berbeda antara di iPhone dan HP Android. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan cara menyalakan Flash HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos di bawah ini.

Cara menyalakan Flash HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos

Menyalakan Flash HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos di iPhone

  • Akses layanan asisten suara Siri di iPhone, caranya bisa dengan mengucap “Hei Siri” atau menekan tombol samping selama beberapa saat.
  • Saat Siri telah muncul di layar iPhone, ucapkan kata “Lumos”.
  • Tunggu beberapa saat hingga perintah suara dengan kata tersebut dipahami Siri.
  • Kemudian, Siri akan secara otomatis meneruskan perintah suara dengan kata “Lumos” dengan tindakan menyalakan Flash iPhone.
  • Untuk mematikan Flash iPhone, pengguna juga bisa menyebut kata “Nox” pada Siri.

Ilustrasi cara menyalakan Flash iPhone dengan mantra sihir Harry Potter Lumos (kiri) dan mematikannya dengan kata Nox (kanan) di Siri.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyalakan Flash iPhone dengan mantra sihir Harry Potter Lumos (kiri) dan mematikannya dengan kata Nox (kanan) di Siri.

Menyalakan Flash HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos di Android

  • Akses layanan asisten suara Google Assistant di Android, cara bisa dengan menekan tombol power selama beberapa detik atau membuka aplikasi “Google Assistant”.
  • Setelah Google Assistant muncul di layar HP Android, silakan sebut kata “Lumos”.
  • Berikutnya, Google Assistant akan mengolah perintah tersebut dan meneruskannya untuk menyalakan Flash HP Android.
  • Sama halnya di iPhone, mematikan Flash HP Android juga bisa dilakukan dengan menyebut kata “Nox” pada Google Assistant.

Ilustrasi cara menyalakan Flash HP Android dengan mantra sihir Harry Potter Lumos (kiri) dan mematikannya dengan kata Nox (kanan) di Google Assistant.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara menyalakan Flash HP Android dengan mantra sihir Harry Potter Lumos (kiri) dan mematikannya dengan kata Nox (kanan) di Google Assistant.

Baca juga: Ramai Gambar Moon Phase Tanggal Lahir Sendiri di Twitter, Begini 2 Cara Mendapatkannya

Cukup mudah bukan cara menyalakan Flash HP dengan mantra sihir Harry Potter Lumos dan mematikannya dengan kata Nox? Demikianlah penjelasan seputar mantra sihir Harry Potter Lumos yang bisa dibuat menyalakan Flash HP, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.