Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu File Msgstore di WhatsApp dan Bolehkah Dihapus?

Kompas.com - 01/12/2022, 16:30 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp kemungkinan besar bakal menemukan file yang menyertakan nama "Msgstore" ketika menelusuri isi media penyimpanan (storage) ponsel mereka.

File tersebut tersimpan di dalam folder "Databases" di dalam folder "WhatsApp", dan biasanya memiliki ukuran (size) puluhan hingga ratusan MB, tergantung banyaknya percakapan (chat) pengguna di WhatsApp.

Msgstore juga biasanya hadir dalam beberapa file, tidak cuma satu. Sehingga, file-file yang menyertakan kata "Msgstore" tersebut otomatis akan memakan ruang penyimpanan ponsel pengguna seiring berjalannya waktu.

Lantas, apa sebenarnya file Msgstore? Apa fungsinya di WhatsApp? Lalu, apakah file Msgstore boleh dihapu untuk menghemat ruang penyimpanan?

Apa itu Msgstore WhatsApp?

Berdasarkan beberapa sumber di internet, Msgstore adalah sebuah file cadangan (backup) yang menyimpan riwayat (history) percakapan pengguna di WhatsApp.

File tersebut telah dienkripsi oleh WhatsApp, sehingga oknum-oknum yang mencuri file ini tidak bisa membuka dan mengintip percakapan yang ada di dalamnya dengan bebas.

Biasanya, Msgstore memiliki nama file lengkap "msgstore.db.crypt14", dan file tersebut digadang-gadang sebagai file utama untuk menyimpan riwayat percakapan WhatsApp.

File ini sendiri merupakan file berbentuk database WhatsApp, di mana ekstensi file *.crypt14 (bisa crypt9, crypt10, crypt12, dan lain sebagainya) merupakan jenis enkripsi versi terbaru yang dipakai oleh WhatsApp untuk mengunci database tersebut. 

Baca juga: Cara Membuat Avatar di WhatsApp, Bisa Jadi Foto Profil dan Stiker WA

Msgstore bisa terdiri dari beberapa file

ilustrasi WhatsApp userslashgear.com ilustrasi WhatsApp user

Nah, file Msgstore kemungkinan besar bakal ditemani dengan file Msgstore lainnya yang memiliki nama berbeda, namun tetap diawali dengan kata "msgstore".

Salah satu file tersebut misalnya bisa bernama "msgstore-2022-11-30.1.db.crypt14", di mana informasi waktu (timestamp) yang berada di tengah (tahun, bulan, dan tanggal) merupakan waktu dibuatnya file tersebut.

Apabila dinamai seperti itu, maka file Msgstore ini merupakan file yang dibuat WhatsApp sebagai hasil dari aktivitas pencadangan yang dilakukan WhatsApp pada hari itu.

File dengan nama "msgstore-2022-11-30.1.db.crypt14", contohnya, merupakan backup seluruh chat WhatsApp untuk 30 November 2022.

Biasanya, file backup Msgstore yang disertai dengan timestamp ini dibuat WhatsApp setiap hari sekitar pukul 02.00 dinihari waktu lokal.

Baca juga: Cara Mencadangkan dan Memulihkan Chat WhatsApp di HP Android

Nantinya, file Msgstore dengan timestamp terlama, yakni maksimal tujuh hari bakal dihapus secara otomatis untuk menghemat ruang penyimpanan. Berdasarkan pengamatan KompasTekno, file yang belum tercadangkan di cloud, akan tetap ada di sana selama usianya belum tujuh hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com