Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Bulan Lagi, Elon Musk Uji Coba Pasang Chip di Otak Manusia

Kompas.com - 05/12/2022, 19:02 WIB

KOMPAS.com - Elon Musk berencana menguji coba chip bikinan perusahaan miliknya, Neuralink, ke tingkat yang lebih lanjut. Ia menargetkan uji klinis chip Neuralink pada manusia dapat dilakukan dalam waktu enam bulan ke depan.

Musk mengatakan, chip otak ini dapat membantu penyandang disabilitas untuk dapat kembali bergerak, berkomunikasi, hingga memulihkan penglihatan.

Uji coba Neuralink direncanakan bakal dilakukan pada dua orang manusia. Percobaan ini diharapkan dapat memulihkan penglihatan dan pergerakan otot.

"Bahkan jika seseorang tidak pernah memiliki penglihatan, misalnya mereka dilahirkan buta, kami percaya kami masih dapat memulihkan penglihatan mereka," kata Elon Musk.

Neuralink merupakan sebuah chip fleksibel berukuran kecil yang dapat disisipkan ke dalam otak. Perusahaan juga sudah melakukan uji coba Neuralink pada hewan. 

"Kami ingin sangat berhati-hati dan yakin itu akan bekerja dengan baik sebelum menempatkan perangkat ke manusia," kata Musk.

Baca juga: Elon Musk Pamer Video Monyet Main Game dengan Kekuatan Pikiran

Pemimpin tim yang bertugas menyisipkan chip Neuralink ke dalam otak, Christine Odabashian, mengatakan proses uji coba penanaman Neuralink pada manusia akan menggunakan bantuan sistem robotik lantaran prosesnya yang rumit.

"Bayangkan mengambil sehelai rambut dari kepala Anda dan menempelkannya ke dalam agar-agar yang dilapisi dengan lapisan plastik yang tipis, melakukannya dengan kedalaman yang presisi dan tepat sebanyak 64 kali dalam waktu tertentu," ungkap Christine.

Benang-benang kecil yang terdapat pada chip Neuralink.The Verge/Sean Hollister Benang-benang kecil yang terdapat pada chip Neuralink.
Selama beberapa tahun terakhir, Neuralink telah terlebih dahulu melakukan serangkaian uji coba pada hewan.

Pada tahun 2019, Musk mengungkapkan bahwa Neuralink diuji coba pada monyet, disusul oleh percobaan pada babi di tahun 2020.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.