Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siaran TV Analog Resmi Dimatikan di Bandung, Batam, Semarang, Solo, Yogya, dan Surabaya

Kompas.com - 03/12/2022, 08:23 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Hari ini, Sabtu (3/12/2022), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mematikan sinyal TV analog di wilayah Bandung, Yogyakarta, Surakarta, Semarang, Surabaya, dan Batam.

Masyarakat yang terdampak di wilayah tersebut dapat beralih menonton televisi lewat siaran TV digital. Suntik mati siaran TV analog ini merupakan program Analog Switch Off (ASO) Tahap II setelah dilakukan di wilayah Jabodetabek pada 2 November lalu.

Komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat Mohammad Reza mengatakan bahwa pemutusan sinyal TV analog Tahap II pada lima wilayah dilakukan pada Sabtu, 3 Desember 2022 pukul 00.00 WIB.

"Pemutusan saluran TV analog giliran di wilayah Bandung, Semarang, Batam, Yogyakarta, dan Solo," kata Reza saat dihubungi Kompas.com.

Reza mengimbau kepada masyarakat untuk segera memperhatikan ketersediaan Set Top Box (STB) yang non-bantuan di tiap daerah.

Baca juga: 5 Wilayah yang Terdampak Pemutusan Siaran TV Analog 3 Desember 2022

Rencana suntik mati TV analog tahap kedua ini telah diungkap Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam rapat kerja Kominfo bersama Komisi I DPR RI, Rabu (23/11/2022).

"Kami merencanakan untuk melakukan pengumuman analog switch off( ASO) dalam waktu dekat di enam wilayah," kata Johnny.

Baca juga: 15 Hal tentang Migrasi TV Analog ke TV Digital yang Wajib Diketahui

Menurut Menkominfo, keenam kota tersebut masuk ke dalam lima wilayah siaran. Berikut daftar enam wilayah yang bakal dimatikan siaran TV analognya, sebagai berikut:

  • Jawa Barat-1: Kota Bandung dan sekitarnya
  • Jawa Tengah-1: Kota Semarang dan sekitarnya
  • DI Yogyakarta: Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan sekitarnya
  • Jawa Timur-1: Kota Surabaya dan sekitarnya
  • Kepulauan Riau-1: Kota Batam dan sekitarnya

Baca juga: Daftar 39 TV Digital Harga Rp 1 Jutaan yang Sudah Bersertifikasi Kominfo

Untuk mengetahui apakah TV sudah mendukung siaran digital atau belum, bisa melalui pengecekan manual. Selengkapnya seperti dalam artikel berikut ini: Ingin Tahu TV Anda Sudah Digital atau Belum? Begini Cara Mengeceknya.

Masyarakat pun bisa mengecek apakah Smart TV dan Android TV mereka mendukung siaran digital atau belum melalui halaman resmi Kementerian Kominfo di https://siarandigital.kominfo.go.id.

Baca juga: Apakah TV Tabung Bisa Dipakai buat Nonton Siaran TV Digital? Begini Penjelasannya

Anda dapat menggunakan perangkat Set Top Box (STB) apabila TV Anda belum mendukung siaran digital. Perangkat STB bisa didapat secara gratis dari Kominfo atau membeli dari marketplace dan toko elektronik.

Harga perangkat STB bervariasi mulai dari Rp 100.000 hingga di atas Rp 600.000. Berikut daftar STB TV digital yang sudah mendapat sertifikasi Kominfo:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.