Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bikin Rumus Excel Jadi Lebih Mudah Digunakan

Kompas.com - 30/12/2022, 10:09 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft membuat penggunaan formula atau rumus di aplikasi Excel, khususnya untuk Excel versi web di Microsoft 365, menjadi lebih mudah. Pengguna kini bisa mendapatkan rumus yang sesuai kebutuhan dalam waktu singkat.

"Kami senang mengumumkan peluncuran Formula Suggestions dan Formula by Example untuk pengguna Excel versi web, yaitu kemampuan menarik yang dirancang untuk menghemat waktu dan mempelajari lebih lanjut tentang formula Excel saat Anda memakainya," kata Microsoft.

Pengguna bisa mendapatkan rekomendasi rumus secara otomatis ketika memasukkan simbol sama dengan (=) pada kolom Excel. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi mengetik rumus yang diinginkan secara manual.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Microsoft Excel

Dalam blognya Microsoft mencontohkan ketika pengguna mengetik "=" pada kolom Excel, maka aplikasi itu akan menyarankan beberapa rumus yang berpotensi sesuai dengan data yang ada di dalam dokumen yang sama.

Misalnya, jika pengguna memasukan angka/data penjualan dalam jumlah banyak dengan keterangan total di akhir kolom, maka Excel akan menyarankan rumus penjumlahan. Dengan begitu, pengguna tak perlu lagi mengetik rumus Excel secara manual satu per satu.

Perlu dicatat, untuk saat ini, penggunaan rumus otomatis itu hanya bisa dilakukan untuk penggunaan Excel dalam Bahasa Inggris.

Rumus yang disarankan otomatis juga baru terbatas beberapa rumus, termasuk rumus jumlah (sum), rata-rata (average), penjumlahan tiap kolom (count) hingga rumus untuk mencari angka terkecil (min) dan terbesar (max).

Selain menyederhanakan penggunaan rumus, Microsoft juga membuat formula menyalin data tertentu ke kolom lainnya menjadi lebih ringkas.

Fitur yang disebut Formula by Example ini akan secara otomatis mendeteksi pola data untuk disalin ke kolom lainnya tanpa mengetik rumus secara manual.

Baca juga: 3 Cara Menonaktifkan Pembulatan di Microsoft Excel

Kedua fitur ini baru tersedia untuk Microsoft Excel versi web saja. Microsoft sebelumnya juga menghadirkan fitur yang memudahkan pengguna menyematkan gambar dalam kolom Excel.

Caranya yaitu dengan menggunakan rumus =IMAGE, dikombinasikan dengan teks sesuai gambar yang akan disematkan. Nah, fitur ini pun kini tersedia untuk Excel versi web, dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (30/12/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com