Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Menaruh PS5 Posisi Berdiri Bisa Bikin Konsol Rusak

Kompas.com - 08/01/2023, 08:04 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com - Gamers pemilik konsol PlayStation 5 (PS5), berhati-hatilah. Menaruh PS5 tidak bisa sembarang, sebab menurut ahli, menaruh PS5 dalam posisi vertikal atau berdiri bisa membuat konsol lebih mudah rusak.

Menaruh PS5 dalam posisi vertikal memang kerap dilakukan di ruangan terbatas. Saat meluncurkan PlayStation 5 pada November 2020, Sony pun memberikan pengguna pilihan untuk meletakkan konsolnya.

PS5 dilengkapi dengan dudukan yang dapat dipasang di pelat bawah agar konsol bisa diletakkan secara vertikal. Dudukan juga bisa dipasang di sisi konsol, sehingga pengguna dapat menaruh konsol secara horizontal.

Baca juga: PS5 Laris Manis di Kandang Xbox

Menurut laporan terbaru, meletakkan PS5 dalam posisi berdiri justru berpotensi menimbulkan kerusakan pada bagian sistem pendingin (cooler) di dalam konsol.

Laporan media teknologi GizChina, mengatakan PS5 memiliki sistem pendingin dengan cairan logam untuk menangkap panas lalu memindahkannya ke pendingin. Nah, dalam posisi berdiri, cairan logam dengan sifat termal itu bakal bergerak ke arah yang tidak semestinya.

Dalam kasus ini, carian logam itu bisa menimbulkan kerusakan pada segel antara prosesor (APU) dan cooler, seperti gambar di bawah. Perubahan posisi cairan logam ini juga disebut-sebut dapat merusak komponen lain, bahkan membuat konsol mati.

Menurut TheCod3r, masalah ini berkaitan dengan pilihan desain Sony. Meletakkan konsol PS5 dalam posisi vertikal juga dapat meningkatkan pemanasan dan konsumsi energi. Dari situ, bisa timbul kebisingan berlebih dari putaran pendingin yang intens.

Baca juga: Sony Bakal Rilis PlayStation 6 Tahun 2027?

Selain itu, dalam beberapa kasus, umur konsol bisa lebih singkat hingga akhirnya mati, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GizChina, Minggu (8/1/2023).

Perlu dicatat, Sony sendiri belum memberikan pernyataan soal analisis bahwa PS5 berpotensi rusak bila diletakkan dalam posisi vertikal.

Dua tahun lalu, tepatnya pada Oktober 2020, perancang utama PS5 mengatakan bahwa tidak ada masalah terkait penggunaan PS5 dalam posisi berdiri.

Kalau kalian, tim pakai PS5 secara vertikal atau horizontal?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com