Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Bikin Stik PS5 untuk Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 09/01/2023, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Raksasa teknologi asal Jepang, Sony resmi memperkenalkan Project Leonardo, sebuah controller (stick) PlayStation 5 (PS5) yang dirancang khusus untuk penyandang disabilitas.

Dipamerkan melalui ajang Consumer Electronics Show (CES) awal Januari ini, Project Leonardo ditujukan untuk "merobohkan pembatas" dan membantu penyandang disabilitas menikmati pengalaman bermain PS5.

Dalam merancang Project Leonardo, Sony turut bekerja sama dengan sejumlah organisasi amal, seperti AbleGamers, SpecialEffect, dan StackUp.

Ketiga organisasi ini dikenal kerap membantu menciptakan game dan alat bantu permainan untuk penyandang disabilitas.

Baca juga: Sony Bakal Rilis PlayStation 6 Tahun 2027?

Tidak seperti controller DualSense, Project Leonardo memiliki bentuk seperti sebuah cakram yang dikelilingi dengan aneka tombol dan satu buah joystick analog.

Joystick analog serta tombol yang terdapat pada cakram ini digunakan untuk mengoperasikan aksi dan kontrol di dalam game.

Aneka tombol tersebut terdiri dari tombol Segitiga, "Kotak", Bulat, dan X. Ada pula tombol L1, R1, L2, R2, tombol navigasi D-pad, "Option", dan menu "PlayStation".

Beragam tombol yang ada pada Project Leonardo bisa dilepas pasang serta dikonfigurasi untuk menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Aneka tombol yang ada di Project Leonardo bisa dikonfigurasi sesuai keinginan pengguna.Sony Aneka tombol yang ada di Project Leonardo bisa dikonfigurasi sesuai keinginan pengguna.

Sejumlah tombol juga dapat dipetakan ke dalam fungsi yang sama. Sebaliknya, dua fungsi juga dapat diatur ke dalam satu tombol yang sama.

Baca juga: Sony Pamer Desain Controller PS5 Baru, Stik Analog Kini Bisa Diganti Sendiri

Sebagai contoh, tombol L2 dan R2 bisa dikonfigurasi ke dalam fungsi yang sama untuk memudahkan pengguna yang ingin menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.