Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Secreto di “secreto.site” buat Kirim Pesan Rahasia, Bisa Lebih dari Satu Link

Kompas.com - 16/01/2023, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pengguna yang aktif main media sosial, mungkin bakal tak asing lagi dengan Secreto. Layanan ini punya fitur yang cukup menarik. Secreto memungkinkan pengguna membuat halaman khusus untuk kirim pesan secara anonim atau rahasia.

Sejak tahun lalu, Secreto kerap dimanfaatkan untuk membuat semacam jajak pendapat melalui sebuah link (tautan). Link Secreto biasanya disebar atau dibagikan oleh pengguna di berbagai media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan Twitter.

Baca juga: Asal-usul Kata “Viral” yang Sering Dipakai untuk Menyebut Hal Populer di Internet

Lewat link Secreto, setiap pengguna bisa mengirim pendapat secara anonim atas sebuah topik atau pertanyaan yang diajukan. Pemilik link Secreto hanya bisa melihat jawaban pengguna tanpa mengetahui identitasnya.

Lantas, bagaimana cara membuat Secreto? Untuk bisa kirim pesan rahasia dengan teman di media sosial lewat Secreto, caranya cukup mudah. Penjelasan yang lebih lengkap mengenai cara membuat Secreto bisa dibaca di bawah ini.

Cara membuat Secreto

  • Kunjungi website ini https://secreto.site/ lewat browser di ponsel atau laptop.
  • Selanjutnya, pilih bahasa dan masukkan nama topik atau pertanyaan yang hendak dibahas.
  • Kemudian, klik opsi “Register” dan link Secreto untuk nama topik atau pertanyaan tersebut kini berhasil dibuat.
  • Pengguna bisa menyalin link Secreto dan membagikannya ke media sosial untuk ditanggapi oleh pengguna lain secara anonim. Pengguna lain bisa membuka link yang dibagikan dan mengirim jawaban di sana.
  • Pengguna yang membuat link Secreto dapat melihat semua jawaban yang dikirim kepadanya di menu “My Message”.

Ilustrasi cara membuat Secreto di website secreto.site.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Secreto di website secreto.site.

Cukup mudah bukan cara membuat Secreto untuk kirim pesan rahasia? Sebagai informasi tambahan, website “secreto.site” tampaknya menggunakan data history browser untuk membuat link Secreto.

Jadi, saat pengguna telah memiliki satu link Secreto, website “secreto.site” tidak akan lagi memunculkan opsi untuk membuat link Secreto yang baru. Bila pengguna membuka website “secreto.site” maka link Secreto buatan sebelumnya yang akan ditampilkan.

Meski tak muncul opsi pembuatan link baru lantaran website “secreto.site” menggunakan data history browser, namun sejatinya terdapat trik yang memungkinkan pengguna untuk membuat Secreto lebih dari satu.

Cara membuat Secreto lebih dari satu bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur mode private atau incognito pada browser. Untuk diketahui, mode ini memungkinkan pengguna mengunjungi website tanpa menyimpan data history.

Lantaran tak menyimpan data history, pengguna bisa mengakses website “secreto.site” seolah seperti pengunjung baru. Sehingga, pengguna dapat membuat link Secreto baru dengan topik yang berbeda dari sebelumnya.

Seandainya penasaran dengan cara membuat Secreto lebih dari satu, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Cara membuat Secreto lebih dari satu

  • Buka browser di ponsel atau laptop dan aktifkan mode private atau incognito. Letak opsi untuk mengaktivasi mode private di tiap browser umumnya terletak dalam menu pengaturan, yang bisa diakses pada ikon titik atau garis tiga.
  • Setelah tab mode private terbuka, silakan kunjungi website ini https://secreto.site/.
  • Kemudian, pilih bahasa dan masukkan nama topik atau pertanyaan yang akan dibagikan ke pengguna lain.
  • Terakhir, klik opsi “Register” dan link Secreto baru kini berhasil dibuat.
  • Pengguna juga bisa membagikan link Secreto baru itu ke media sosial.

Ilustrasi cara membuat Secreto lebih dari satu dengan mengaktifkan mode private di browser.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Secreto lebih dari satu dengan mengaktifkan mode private di browser.

Baca juga: Arti Kata My Shampoo and Conditioner Ran Out at the Same Time yang Viral di Medsos

Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Secreto untuk kirim pesan rahasia lewat website “secreto.site”, selamat mencoba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.