Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Switch Dioprek, Dibuat Mirip Steam Deck

Kompas.com - 07/02/2023, 16:02 WIB
Yudha Pratomo

Penulis

Sumber PC Gamer

KOMPAS.com - Tidak bisa dipungkiri, konsol buatan Steam yakni Steam Deck seringkali dibandingkan dengan Nintendo Switch. Bukan soal game-nya, melainkan bentuk konsolnya yang mirip.

Keduanya, baik Nintendo Switch maupun Steam Deck memiliki layar besar yang diapit oleh dua "joycon". Meski bentuknya mirip, spesifikasi perangkat dan jenis game keduanya sangat berbeda.

Nintendo Switch dibekali chip Nvidia Tegra yang berbasis ARM, sementara Steam Deck dibekali prosesor AMD dengan arsitektur X86.

Baca juga: Punya Nintendo Switch? Sebentar Lagi Kalian Bisa Main Call of Duty

Nah meski spesifikasinya sangat berbeda, seorang YouTuber dengan nama channel SpikeHD, mengubah Nintendo Switch menjadi sebuah "Steam Deck".

SpikeHD memodifikasi Nintendo Switch miliknya agar bisa menginstal aplikasi Steam.

Dalam video berdurasi 12 menit, ia memperlihatkan bagaimana proses mengubah Nintendo Switch menjadi "Steam Deck".

YouTuber SpikeHD mengubah Nintendo Switch agar bisa menginstal Steam. Tujuannya adalah agar bisa main game dari Steam. YouTube/SpikeHD YouTuber SpikeHD mengubah Nintendo Switch agar bisa menginstal Steam. Tujuannya adalah agar bisa main game dari Steam.

Pada dasarnya, Nintendo Switch bisa menjalankan sistem operasi berbasis Linux di dalam konsol. Namun, konsol tersebut perlu di-jailbreak terlebih dahulu.

Proses jailbreak inilah yang memakan waktu dan perlu pengetahuan khusus. Menurut SpikeHD, hanya konsol Nintendo Switch versi lama yang bisa di-jailbreak.

Setelah "dioprek", SpikeHD dapat menginstal Linux di dalam konsol tersebut. Ia menggunakan MicroSD untuk menginstal Linux di Nintendo Switch miliknya.

Kemudian, barulah ia menginstal aplikasi Steam versi Linux di konsol tersebut.

Baca juga: Razer Edge Meluncur, Konsol Android Mirip Nintendo Switch Bisa Streaming Game PC

Gagal main game

Meski berhasil diinstal, konsol Nintendo Switch yang dimodifikasi tersebut tidak bisa menjalankan game Steam selayaknya Steam Deck, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari PC Gamer, Selasa (7/2/2023).

Seperti disebutkan di awal, spesifikasi Nintendo Switch dan Steam Deck sangat berbeda. Nintendo memiliki chip Nvidia Tegra yang berbasis ARM, sementara Steam Deck dibekali prosesor AMD dengan arsitektur X86.

Karena program dan game-game di Steam diatur untuk berjalan di perangkat dengan arsitektur X86, maka game Steam tidak bisa berjalan di Nintendo Switch.

Kendati demikian, SpikeHD mengubah beberapa tampilan Nintendo Switch miliknya agar tetap mirip dengan Steam Deck meski tidak bisa menjalankan game tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com