Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Ramadhan, Aplikasi NU Online Super App Kini Punya Lebih Banyak Fitur

Kompas.com - 21/03/2023, 17:00 WIB
Bill Clinten,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), melalui Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN), resmi meluncurkan sejumlah fitur baru di aplikasi pendukung ibadah dan pembelajaran Islam NU Online Super App

Ketua LTN atau Lembaga Infokom dan Publikasi PBNU, Ishaq Zubaedi Raqib, mengatakan bahwa fitur-fitur anyar di dalam aplikasi NU Online Super App ini hadir untuk mempermudah pengguna melakukan kegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan 1444 H.

Zubaedi menyebut bahwa kehadiran fitur-fitur yang bisa mendukung ibadah di bulan puasa lewat aplikasi NU Online Super App ini merupakan strategi PBNU untuk memberikan layanan informasi secara digital bagi para umat muslim di Indonesia. 

"PBNU sedang dan terus berinovasi, termasuk dalam memberi layanan informasi keislaman kepada masyarakat. Ini adalah bagian dari komitmen menunaikan program transformasi digital dalam kepengurusan periode ini," Zubaedi dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Selasa (21/3/2023).

Baca juga: Mengenal Ainun Najib, Arek NU Praktisi Teknologi di Singapura

Salah satu fitur baru yang akan ada di NU Online Super App versi teranyar adalah fitur Audio Murattal Al-Qur'an. Dengan fitur ini, pengguna bisa mendengarkan bacaan surat dan ayat-ayat suci Al-Qur'an langsung dari dalam aplikasi. 

Selain itu, ada pula beberapa fitur lainnya seperti fitur zakat fitrah, penyempurnaan akurasi jadwal shalat untuk seluruh wilayah di dunia, serta terjemahan Al-Qur'an yang mendukung beberapa bahasa seperti Inggris, Perancis, Jerman, Turki, dan Indonesia. 

Ilustrasi NU Online Super App.NU Online Ilustrasi NU Online Super App.

Di samping fitur-fitur baru ini, NU Online Super App juga menawarkan beberapa fitur lain yang sudah ada sebelumnya di dalam aplikasi.

Beberapa di antaranya seperti fitur atau menu Al-Qur'an, Jadwal Shalat, Ramadhan, Kalkulator Zakat, Kalender Hijriah, Maulid, Ziarah, hingga Haji & Umrah.

Adapun beberapa menu yang sudah ada di dalam aplikasi ini nantinya bakal mendapatkan penyesuaian tampilan dan penambahan elemen baru, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 H.

Menu Jadwal Shalat, misalnya, bakal disertai dengan jadwal imsakiyah, baik harian maupun sebulan penuh.

Baca juga: Netizen Indonesia Sibuk Internetan Saat Sahur sampai Pagi Selama Ramadhan

Kemudian ada menu Ramadhan yang bakal menyediakan berbagai konten seputar Ramadhan, mulai dari niat puasa, amalan Lailatul Qadar, hingga bacaan bilal dan doa tarawih/witir.

Di menu yang sama, terdapat pula kumpulan kultum Ramadhan, khutbah Jumat Ramadhan, konten seputar zakat fitrah dan Idul Fitri, hingga kumpulan artikel seputar permasalahan fiqih puasa.

Nah, untuk ketersediaan, PBNU mengatakan bahwa fitur-fitur baru ini nantinya bakal hadir di aplikasi NU Online Super App versi 2.6.9.

Adapun versi terbaru aplikasi pendukung ibadah umat muslim ini dipastikan bakal meluncur dalam beberapa hari ke depan, tepatnya menjelang Ramadhan 1444 H.

Pengguna bisa memasang atau memperbarui aplikasi NU Online Super App ke versi teranyar melalui toko aplikasi Android (Play Store) di tautan berikut ini, atau iOS (App Store) lewat tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com