Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Skuter Listrik Gratis Kuota Data Telkomsel 6 Bulan

Kompas.com - 21/03/2023, 17:45 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menggandeng Volta, produsen motor listrik Indonesia, menghadirkan paket bundling motor listrik Volta dengan kuota data internet secara gratis kepada pengguna.

Masyarakat yang membeli motor listrik Volta Lite dengan baterai tambahan, bakal mendapat paket kuota data 1 GB setiap bulannya secara gratis, selama enam bulan berturut-turut. Proses aktivitas pemberian kuota bakal diproses usai melakukan pembelian.

Selain itu, masyarakat yang memiliki profesi sebagai ojek online (ojol) dan pekerja logistik (pengiriman barang) dapat menyewa mobil listrik Volta sekaligus menerima paket kuota data sebesar 800 MB hingga 2 GB.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Bakal Lebih Murah berkat Qualcomm?

Paket bundling ini dihadirkan keduanya untuk mendorong masyarakat Indonesia, khususnya pengguna Telkomsel untuk beralih menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

“Ini merupakan salah satu upaya konkret Telkomsel untuk berkontribusi melindungi lingkungan hidup dan mendukung mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil,” ujar Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit dalam pernyataan tertulis kepada KompasTekno, Selasa (21/3/2023).

(Kiri-kanan) Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, Chief Executive Volta Iwan Suryaputra, Direktur Network Telkomsel Nugroho saat meresmikan kolaborasi antara Telkomsel dan Volta terkait program bundling sewa motor listrik di Jakarta, Senin (20/3)Telkomsel (Kiri-kanan) Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, Chief Executive Volta Iwan Suryaputra, Direktur Network Telkomsel Nugroho saat meresmikan kolaborasi antara Telkomsel dan Volta terkait program bundling sewa motor listrik di Jakarta, Senin (20/3)

Menurut data dari Kementerian ESDM (Energi Sumber Daya Mineral Indonesia) yang dikutip Telkomsel, penggunaan 900.000 unit motor pada 2025 mendatang dapat menekan setidaknya penggunaan BBM (bahan bakar minyak) sebanyak 0,32 juta kilo liter/tahun serta pengurangan emisi karbon dioksida (CO2) sebanyak 0,61 juta ton/tahun.

Telkomsel juga memperkenalkan program baru yang bernama Telkomsel Jaga Bumi. Program tersebut berfokus untuk menghadirkan dampak positif berkelanjutan terhadap lingkungan dan mengimplementasi prinsip ESG (Enviromental, Social, Governance) sejak 2022 lalu.

Beberapa program dari Telkomsel Jaga Bumi antara lain Waste Management yang berkolaborasi dengan PlusTik untuk mendaur ulang kemasan kartu perdana dan cangkang kartu SIM berbahan plastik.

Baca juga: Melihat Paving Block Hasil Daur Ulang Cangkang SIM Card

Program lainnya bernama Carbon Offsett yang berkolaborasi dengan Jejak.in. Program ini memungkinkan pengguna menukar Telkomsel Poin yang setara dengan sebatang pohon. Tujuannya untuk mengimbangi jejak karbon (carbon footprint) yang timbul akibat aktivitas keseharian manusia.

Terakhir, program Digitalization Support yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Bali ditujukan untuk melindungi ekosistem hutan bakau (mangrove) melalui pemanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT).

“Kami berharap upaya kolaboratif yang berkelanjutan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui pemanfaatkan teknologi ramah lingkungan dan hemat energi. Serta, mendukung target pengurangan emisi karbon di 2030 mendatang,” tutup Sigit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com