Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Game Offline di Android untuk "Ngabuburit," Bisa Main Tanpa Internet

Kompas.com - 27/03/2023, 14:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ngabuburit merupakan tradisi atau kebiasaan yang melekat dengan bulan Ramadhan, untuk menunggu waktu berbuka puasa.

Umumnya, tradisi menunggu berbuka puasa ini diisi dengan kegiatan berburu takjil, melakukan kegiatan sosial, atau sekadar berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

Selebih dari itu, masih banyak aktivitas yang dapat dilakukan saat ngabuburit, seperti bermain game. Ada banyak game yang dapat dimainkan di platform Android, beberapa di antaranya bisa dimainkan secara oflline atau tanpa koneksi internet.

Lantas, apa saja game offline Android yang bisa dimainkan tanpa koneksi internet, cocok dimainkan saat ngabuburit? Berikut daftarnya sebagaimana dirangkum KompasTekno.

Terraria

ilustrasi TerrariaRe-Logic ilustrasi Terraria

Terraria merupakan game petualangan (adventure) yang memberikan pemain kebebasan dalam gameplay-nya.

Pemain bisa menambang, membangun rumah, menjelajahi dunia dari bioma Jungle hingga The Corruption, serta melawan bos yang tangguh apabila pemain sudah memiliki perlengkapan dan senjata yang mumpuni.

Baca juga: ChatGPT Bisa Bikin dan Program Game Sendiri

Kebebasan yang ditawarkan kurang lebih mirip dengan game Minecraft, meskipun Terraria lebih menempatkan fokusnya untuk eksplorasi dan pertarungan melawan monster.

Hal ini dapat dilihat dari 20 bioma yang dapat dijelajahi, diikuti dengan 20 karakter Non-Playable Character (NPC) dengan fungsinya masing-masing, dan 400 musuh yang dapat dilawan.

Dalam pertarungan, pemain dapat menggunakan berbagai senjata pedang, bom, tongkat sihir, pistol, bumerang, dan masih banyak lagi. Deretan senjata ini diperoleh melalui crafting, yakni proses mengombinasikan berbagai macam material untuk membuat item baru.

Sebagai game sandbox, Terraria memiliki waktu main yang lama. Situs perekam waktu bermain game HowLongToBeat menunjukkan bahwa pemain membutuhkan kurang lebih 97,5 jam untuk menamatkan Terraria dalam mode single player, dan 77 jam dalam mode multiplayer.

Game besutan Re-Logic ini memang dapat dimainkan secara offline. Namun, pengguna juga diberikan opsi untuk bermain dengan tujuh teman lainnya jika memang berminat. Terraria dapat dibeli di toko aplikasi Google Play Store dengan harga Rp 70.000.

Perlu dicatat bahwa pemain harus memiliki perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 5.0 atau yang lebih baru.

Permainan yang menjadi game adventure berbayar terbaik kedua di Google Play Store juga membutuhkan RAM minimal 2 GB dan perangkat Android keluaran 2014 atau lebih baik agar dapat dimainkan dengan mulus.

Bloons TD 6

ilustrasi Bloons TD 6Ninja Kiwi ilustrasi Bloons TD 6

Ingat game Plants Vs Zombies? Permainan itu memiliki gameplay tower defense, sehingga pemain harus menempatkan tanaman yang nantinya akan melawan zombi dan mencegah mereka untuk masuk ke rumah pemain. Nah, Bloons TD 6 ini kurang lebih mengusung gameplay yang sama.

Hanya saja, pemain menggunakan monyet untuk melawan balon. Ketika bermain Bloons TD 6, pemain dapat memilih dari empat kelas monyet yang dibagi menjadi Primary, Military, Magic, dan Support

Baca juga: Plants vs Zombies 2 Akhirnya Sambangi Android

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com