Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Samsung Galaxy A34 5G, HP Mid-range Berwajah Flagship

Kompas.com - Diperbarui 30/03/2023, 18:42 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy A34 5G merupakan salah satu smartphone terbaru kelas menengah (mid-range) Samsung yang dipasarkan di Indonesia. 

Ponsel ini dijual dengan harga Rp 5 juta untuk varian RAM dan media penyimpanan (storage) 8 GB/128 GB dan Rp 5,4 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

Nah, KompasTekno kali ini berkesempatan membuka kotak kemasan (unboxing) dan mencoba pengalaman menggunakan sekaligus menggenggam (hands-on) Samsung Galaxy A34 5G untuk pertama kalinya.

Diawali dari kotak penjualannya, desain boks Samsung A34 5G masih sama dengan desain boks Samsung Galaxy A Series tahun 2022 lalu, di mana tampilannya ramping dan minimalis. 

Kotak penjualan ponsel didominasi dengan warna putih, serta dihiasi dengan tulisan "Galaxy A34 5G" di bagian depan dan kiri kotak penjualan, serta gambar ilustrasi unit ponsel di bagian depan boks. 

Baca juga: Hasil Uji Benchmark Samsung Galaxy A34 5G, Seberapa Kencang?

Karena cukup ramping, kotak penjualan ponsel ini hanya disertai dengan beberapa kelengkapan penting saja, meliputi kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, kartu garansi, SIM ejector, dan unit Galaxy A34 5G itu sendiri. 

Isi kelengkapan kotak penjualan Galaxy A34 5G. Karena cukup ramping, kotak penjualan ponsel ini hanya disertai dengan beberapa kelengkapan penting saja, meliputi kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, kartu garansi, SIM ejector, dan unit Galaxy A34 5G itu sendiri. 

Artinya, konsumen tak akan mendapatkan beberapa aksesori penunjang seperti kepala atau adapter pengisi daya (charger), earphone, dan pembungkus (case) untuk melindungi ponsel dari benturan.

KOMPAS.com/Bill Clinten Isi kelengkapan kotak penjualan Galaxy A34 5G. Karena cukup ramping, kotak penjualan ponsel ini hanya disertai dengan beberapa kelengkapan penting saja, meliputi kabel data USB-C ke USB-C, buku panduan, kartu garansi, SIM ejector, dan unit Galaxy A34 5G itu sendiri. Artinya, konsumen tak akan mendapatkan beberapa aksesori penunjang seperti kepala atau adapter pengisi daya (charger), earphone, dan pembungkus (case) untuk melindungi ponsel dari benturan.
Artinya, konsumen tak akan mendapatkan beberapa aksesori penunjang seperti "kepala" atau adapter pengisi daya (charger), earphone, dan pembungkus (case) untuk melindungi ponsel dari benturan.

Layar lega dan lebar

Samsung menyebut bahwa salah satu keunggulan Samsung Galaxy A34 5G berada di layarnya. Mereka mungkin benar. Sebab, layar ponsel ini mengadopsi panel Super AMOLED khas Samsung yang nikmat dipandang.

Kemudian, layar ini juga cukup lega dengan ukuran 6,6 inci dan resolusi Full HD Plus (1.080 x 2.340 piksel), serta terasa lebih lebar dari ponsel Samsung biasanya dengan rasio layar 19.5:9. 

Selain lega dan lebar, layar Samsung A34 5G juga bisa dibilang bisa menampilkan konten atau tampilan antarmenu dengan animasi yang mulus. Hal ini dimungkinkan berkat refresh rate layar yang dua kali lipat lebih besar dibanding layar standar, yaitu 120 Hz.

Layar Galaxy A34 5G ketika dilihat di bawah sinar matahari terik. Layar Galaxy A34 5G bisa dibilang bisa menampilkan konten atau tampilan antarmenu dengan animasi yang mulus. Hal ini dimungkinkan berkat refresh rate layar yang dua kali lipat lebih besar dibanding layar standar, yaitu 120 Hz.

Lalu, layar Galaxy A34 5G juga bisa dilihat dengan baik di bawah kondisi sinar matahari terik. Hal ini berkat fitur Vision Booster yang bisa meningkatkan tingkat kecerahan (brightness) layar ke angka 1.000 nits di mode High Brightness (HBM). 

KOMPAS.com/Bill Clinten Layar Galaxy A34 5G ketika dilihat di bawah sinar matahari terik. Layar Galaxy A34 5G bisa dibilang bisa menampilkan konten atau tampilan antarmenu dengan animasi yang mulus. Hal ini dimungkinkan berkat refresh rate layar yang dua kali lipat lebih besar dibanding layar standar, yaitu 120 Hz. Lalu, layar Galaxy A34 5G juga bisa dilihat dengan baik di bawah kondisi sinar matahari terik. Hal ini berkat fitur Vision Booster yang bisa meningkatkan tingkat kecerahan (brightness) layar ke angka 1.000 nits di mode High Brightness (HBM).
Lalu, layar Galaxy A34 5G juga bisa dilihat dengan baik di bawah kondisi sinar matahari terik. Hal ini berkat fitur Vision Booster yang bisa meningkatkan tingkat kecerahan (brightness) layar ke angka 1.000 nits di mode High Brightness (HBM). 

Masih soal layar, panel yang sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5 ini turut dihiasi dengan modul kamera selfie berbentuk "Infinity-U". Di dalam modul tersebut, terdapat kamera selfie dengan resolusi 13 MP.

Baca juga: Beda Samsung Galaxy A33 5G dan A34 5G di Indonesia, Apa Peningkatannya?

Desain mewah

Beralih ke bagian punggung, desain Samsung Galaxy A34 5G kini lebih mewah dibanding Galaxy A33 5G. Sebab, tampilan belakang ponsel tersebut kini mirip seperti ponsel flagship terbaru Samsung Galaxy S23 Series.

Untuk desain kamera belakang, misalnya, kini mengusung tampilan modul kamera dengan susunan vertikal yang seakan "tertanam" langsung di permukaan cangkang perangkat, identik dengan Galaxy S23 Series.

Ketiga kamera ini terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera macro 5 MP.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com