Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh-contoh Penerapan TIK dalam Bidang Pendidikan

Kompas.com - 04/04/2023, 17:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terus berkembang pesat dan maju. Berbagai inovasi teknologi yang hadir membantu beragam sektor kehidupan. Salah satunya di dunia pendidikan.

Berkembangnya teknologi membuat beragam aspek di dunia pendidikan lebih mudah diakses. Contoh saja dengan adanya teknologi, pembelajaran menjadi lebih mudah dan cepat. Akses informasi pun lebih luas dan mendalam.

Dengan bantuan beragam aplikasi yang saat ini hadir di tengah-tengah masyarakat, membuat komunikasi pengajar dan murid menjadi lebih mudah dan leluasa.

Selain contoh sekilas di atas, dilansir dari situs Kemendikbud kehadiran teknologi pendidikan yang berkembang membantu siswa dalam proses pembelajaran serta meningkatkan keterampilan serta pengetahuan kognitif.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai contoh penerapan TIK dalam bidang pendidikan, selengkapnya berikut ini ulasannya. 

Baca juga: Etika dan Moral dalam Penggunaan TIK

Pembelajaran daring

Salah satu contoh penerapan TIK dalam bidang pendidikan yang paling sering Anda rasakan adalah pembelajaran daring. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi membuat siswa dan penngajar kini lebih mudah melakukan pembelajaran secara online.

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi video conference layaknya Zoom, Google Meet, dan lainnya untuk dapat terhubung dalam pembelajaran daring. Selain itu beberapa aplikasi lain seperti Quipper dan Brainly juga membantu siswa dalam proses pembelajaran di sekolah.

Akses informasi yang lebih mudah dan luas

Berkembangnya internet membuat banyak orang dengan mudah mengunggah beragam informasi terkait ilmu pengetahuan. Hal ini yang membuat masyarakat saat ini juga lebih mudah mengakses informasi dengan gratis dan mudah.

Selain melalui beragam situs dan blog, kini pengguna lebih mudah dalam mengakses artikel dan jurnal ilmiah dengan gratis. Salah satunya di situs Academia dan research gate.

Perpustakaan online

Perkembangan teknologi yang cepat dan pesat memunculkan perpustakaan digital. Melalui perpustakaan digital, pengguna bisa leluasa meminjam dan membaca buku dengan secara gratis dan mudah diakses.

Salah satunya hanya dengan mengunduh aplikasi iPusnas yang bisa Anda dapatkan secara gratis di Play Store (Android) dan App Store (iOS). iPusnas merupakan aplikasi keluaran dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang mencakup beragam koleksi buku digital. 

Buku-buku tersebut bisa Anda pinjam dengan cara mengunduhnya secara gratis dan mudah. 

Baca juga: Ingin Jual Buku di Google Play Book, Begini Cara Upload-nya

Adanya sistem informasi akademik

Melalui perkembangan teknologi kini menghadirkan sistem informasi akademik yang lebih canggih dan serba otomatis. Sistem informasi akademik ini meliputi jadwal, penilaian, hingga absensi otomatis yang memudahkan pengelolaan informasi lebih mudah dan cepat.

Cloud computing

Cloud computing memungkinkan penggunanya dapat menyimpan, mengelola, dan berbagi data secara online. Hal ini yang dapat dimanfaatkan oleh para siswa dalam dunia pendidikan untuk digunakan dalam menyimpan dan membagi materi pembelajaran, tugas, dan hasil penilaian.

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

AR dan VR salah satu teknologi canggih yang memungkiinkan pengguna dapat melihat dunia dalam tampilan yang berbeda. Di dunia pendidiakn, teknologi ini dapat digunakan untuk membuat simulasi atau visualisasi dari materi pembelajaran, salah satunya sistem tata surya dan anatomi manusia.

Baca juga: 4 Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Itulah beberapa contoh penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan. Semoga bermanfaat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com