Ingin Jual Buku di Google Play Book, Begini Cara Upload-nya

Kompas.com - 17/01/2022, 13:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Google Play tak hanya menawarkan aplikasi, film, atau game. Ekosistem digital itu itu juga memiliki layanan lain, yaitu Google Play Book.

Google Play Book merupakan layanan yang menawarkan buku elektronik yang memudahkan pengguna untuk membeli dan mengunduh e-book. 

Tak hanya dapat menikmati untuk membaca buku, penulis juga dapat menerbitkan karyanya dan menjualnya secara langsung di Google Play Book. 

Adapun keuntungan menjual buku di Google Play Book adalah pengguna tidak perlu berbagi profit ke penerbit. Platform ini juga menawarkan persentase hingga 70 persen untuk penjualan e-book di sejumlah negara tertentu. 

Baca juga: Sejarah Amazon, Toko Buku Online yang Berubah Jadi Raksasa Marketplace

Tertarik untuk mencoba menjual buku karya Anda sendiri melalui Google Play Book? Berikut ini KompasTekno merangkum beberapa cara upload buku Anda di Google Play dengan mudah.

Cara upload buku di Google Play Book

Cara Menjual Buku di Google Play Google Play Cara Menjual Buku di Google Play

  • Daftarkan diri Anda untuk menjadi mitra Google Play Books dengan mengisi formulir di https://play.google.com/books/publish/u/0/
  • Setelah itu Anda akan diminta untuk memilih kategori akun yaitu “Penerbit”, “Pengarang yang menerbitkan buku secara mandiri” atau “Distributor atau penyedia layanan”
  • Kemudian isi data secara lengkap
  • Setelah itu centang kedua kolom pada tahap “E-mail preferences and terms”
  • Kemudian masukkan informasi keuangan Anda. Informasi ini berguna agar Google Play dapat membayar royalti Anda. Data keuangan termasuk informasi pembayaran seperti rekening dan pajak
  • Selanjutnya, Anda akan masuk pada dasbor untuk meng-upload buku di Google Play kemudian klik “Add a book”
  • Isi data buku secara detail seperti tentang buku, genre, kontributor, dan lainnya
  • Selanjutnya mulai unggah file buku Anda sekaligus sampul buku. Perlu diketahui untuk mengunggah buku harus menggunakan format file PDF atau EPUB
  • Setelah itu tetapkan harga buku Anda
  • Setelah seluruh syarat dan data detail buku telah dilengkapi klik “Publish”

Perlu diketahui untuk Anda yang ingin menjadi mitra Google Play Book, Google memerlukan waktu hingga 12 hari untuk meninjau dan mengaktifkan akun Anda. Sekian cara menjual buku di Google Play. Semoga membantu.

Baca juga: Cara Daftar Google Bisnisku untuk UMKM agar Makin Dikenal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.