Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] Tren Gen-Z di AS, Tinggalkan Smartphone dan Ganti ke Ponsel Fitur | Viral Foto Barbie Selfie Generator, Ini Cara Bikinnya

Kompas.com - 11/04/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Generasi Z (Gen-Z) di Amerika Serikat (AS) kini beramai-ramai meninggalkan smartphone dan beralih ke ponsel fitur. Salah satu alasan mereka beralih ke ponsel fitur adalah demi menjaga kesehatan mental.

Berita ini menjadi salah satu artikel teknologi populer di KompasTekno. Selain tren ponsel fitur di kalangan Gen Z, berita teknologi populer lainnya adalah soal CEO Apple, Tim Cook yang tak mau orang-orang menggunakan iPhone sering-sering. Apa alasan Cook?

Berita lain yang juga cukup populer adalah viralnya foto Barbie Selfie Generator yang dibuat oleh Warner Bros selaku distributor film "Barbie"/

Dengan AI Generator tersebut, pengguna bisa menyunting foto dirinya atau tokoh lain dengan poster Barbie Movie, seolah-olah mirip dengan poster aslinya. Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi populer di kanal KompasTekno.

Baca juga: [POPULER TEKNO] Trik agar Orang Lain Tak Bisa Chat WhatsApp Kita Tanpa Memblokirnya | Infinix Smart 7 Resmi di Indonesia

Tren Gen-Z di AS, tinggalkan smartphone dan ganti ke ponsel fitur

Generasi Z alias Gen-Z di Amerika Serikat (AS), belakangan ramai-ramai beralih dari smartphone ke ponsel fitur (feature phone).

Bagi yang belum familiar, feature phone merupakan ponsel yang memiliki fungsi dan fitur yang jauh lebih sederhana ketimbang smartphone.

Feature phone kerap digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan teks saja, bukan untuk browsing, main game, ataupun media sosial. Aspek kesederhaan yang dimiliki feature phone itulah yang menjadi alasan sejumlah anak muda mulai balik menggunakan ponsel tersebut.

Gen-Z, yang menurut Paw Research merupakan anak kelahiran tahun 1997-2012, mengungkapkan feature phone dapat membatasi waktu penggunaan layar (screen time limit) dan menjaga kesehatan mental.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "Lagi Tren di Amerika, Gen-Z Ramai-ramai Tinggalkan Smartphone dan Ganti ke Ponsel Fitur".

CEO Apple tak ingin orang pakai iPhone sering-sering

CEO Apple, Tim Cook mengatakan tak ingin orang-orang sering memakai smartphone bikinan perusahaannya, Apple. Cook merasa bahwa Apple, "tidak dibayar" atau hadir di dunia ini untuk sekadar membuat orang-orang ketagihan memainkan iPhone mereka.

"Kami tidak ingin orang menggunakan ponsel kami dalam durasi yang lama. Kami tidak diberi 'insentif' untuk itu dan kami juga tidak menginginkan itu. Kami menyediakan alat agar orang tidak melakukan itu," ujar Cook, dikutip KompasTekno dari Dailymail.co.uk.

Cook melanjutkan bahwa penggunaan ponsel yang terlalu lama, terutama pada anak-anak masa kini, belakangan merupakan sebuah isu yang cukup mengkhawatirkan.

Sehingga, penggunaan ponsel harus dibatasi sedemikian rupa agar tidak menimbulkan dampak negatif seperti kesulitan berkonsentrasi hingga kecanduan.

Nah, Apple, lanjut Cook, hadir untuk meminimalisir dampak negatif ini, bukan menjadi perusahaan yang memicu penggunaan ponsel berlebih.

Penjelasan Cook selengkapnya bisa disimak di artikel "CEO Apple Tak Ingin Orang Pakai iPhone Sering-sering".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com