Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ponsel Fitur yang Digemari Gen-Z Amerika Serikat ketimbang Smartphone?

Kompas.com - Diperbarui 11/04/2023, 08:42 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Handphone (HP) atau ponsel terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Saat ini, HP berjenis smartphone mungkin telah lebih banyak digunakan ketimbang ponsel fitur atau feature phone.

HP dengan teknologi terbaru biasanya lebih dipilih ketimbang yang lawas. Akan tetapi, terdapat fenomena yang cukup unik di Amerika Serikat (AS). Menurut laporan terbaru, ponsel fitur kini mulai digemari Gen-Z (Generasi Z) di AS ketimbang smartphone.

Baca juga: Ramai soal Radiasi Ponsel Meningkat 1.000 Kali saat Baterai Tinggal 10 Persen, Ini Faktanya

Sebagai informasi, Gen-Z sendiri merupakan kelompok anak yang lahir pada rentang 1997-2002. Laporan yang dikeluarkan oleh CNBC itu menunjukkan banyak Gen-Z di AS yang lebih memilih menggunakan ponsel fitur ketimbang smartphone.

Selain itu, laporan juga menunjukkan beberapa produsen ponsel fitur yang malah mengalami peningkatan penjualan di tengah pasar yang didominasi smartphone. Melihat fenomena ini, lantas sebenarnya apa itu ponsel fitur?

Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan mengenai ponsel fitur yang tengah digemari Gen-Z AS ketimbang smartphone.

Apa itu ponsel fitur?

Sebagian dari Anda mungkin tak asing lagi dengan ponsel fitur. Bahkan, Anda mungkin dulu juga pernah memakainya, tetapi kala itu bisa saja belum mengetahui bahwa namanya ada ponsel fitur. Ponsel fitur telah lebih marak digunakan sebelum kehadiran smartphone.

Untuk pengertiannya, dikutip dari Techopedia, ponsel fitur atau feature phone adalah jenis ponsel yang hanya dibekali beberapa kemampuan dasar, seperti berkirim SMS, membuat panggilan telepon, kamera digital, media player, dan akses internet.

Jika dilihat dari kemampuan dasar tersebut, feature phone mungkin tak jauh berbeda dengan smartphone. Akan tetapi, feature phone sejatinya memiliki beberapa ciri yang membedakan dengan smartphone.

Nokia 6710 XpressAudio.HMD Global Nokia 6710 XpressAudio.

Feature phone biasanya tidak dibekali dengan dukungan terhadap penggunaan aplikasi tambahan. Kemudian, jenis ponsel ini juga biasanya memiliki unit pemrosesan dan kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Feature phone biasanya tidak juga memiliki fitur konektivitas multimedia dan internet yang secanggih smartphone. Dengan mengusung kemampuan yang sederhana ini, feature phone umum disebut pula dengan “dumbphone” sebagai lawan dari smartphone.

Meski tak dibekali dengan beragam kemampuan seperti smartphone, namun aspek kesederhanaan dari feature phone tersebut yang malah membuatnya digemari Gen-Z di AS.

Alasan ponsel fitur lebih digemari Gen-Z di AS

Menurut laporan CNBC, Gen-Z AS lebih memilih menggunakan feature phone karena berkaitan dengan isu kesehatan mental. Salah seorang pengguna ponsel fitur, Sarah Diedrick mengatakan telah menggunakan jenis ponsel untuk menjaga kesehatan mental.

“Ini adalah salah satu hal terbaik yang pernah saya lakukan untuk kesehatan mental saya karena saya dapat mengurangi stimulasi (pada smartphone).” kata Sarah Diedrick, dikutip dari CNBC, Senin (10/4/2023).

“Saya dapat menciptakan lebih banyak ruang, mengenal emosi dalam diri saya, dan memikirkan dampak jika saya tidak terlibat dalam penggunaan smartphone,” lanjut Diedrick.

Sama seperti Diedrick, Jose Briones, salah satu influencer feature phone di forum Reddit, mengatakan ingin mengubah gaya hidupnya dengan tidak menggunakan smartphone. Ia ingin menjalani hidup yang lebih tenang ketimbang harus berpacu dengan arus internet.

Baca juga: Zaman Smartphone, Kenapa Nokia Masih Rajin Bikin Feature Phone?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com