Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone Bisa Buka iMessage di PC Windows 11, Begini Caranya

Kompas.com - 28/04/2023, 17:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna iPhone akhirnya mulai bisa membuka aplikasi SMS bawaan, iMessage di perangkat PC berbasis Windows 11. Hal tersebut dimungkinkan setelah Microsoft mulai merilis dukungan aplikasi Phone Link untuk sistem operasi iOS.

Dukungan aplikasi Phone Link untuk perangkat iOS diumumkan langsung lewat blog resmi Windows.

"Hari ini (Rabu, 26 April 2023), kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Microsoft Phone Link untuk iOS di Windows 11 mulai diluncurkan ke pengguna global dalam 39 bahasa di 85 negara," tulis Corporate Vice President, Windows and Devices, Ali Akgun.

Akgun mengungkapkan, peluncuran ini dilakukan secara bertahap. Seluruh pengguna Windows 11 diharapkan sudah bisa menikmati dukungan aplikasi Phone Link untuk iOS pada pertengahan Mei 2023.

Baca juga: Spesifikasi Minimum PC Windows 11 agar Bisa Pakai Aplikasi Android

Bagi yang belum familiar, aplikasi Phone Link merupakan salah satu aplikasi bawaan yang ada di PC Windows 11. Aplikasi ini berguna untuk menghubungkan smartphone pengguna ke PC.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa menghubungkan smartphone Android ke PC Windows 11 lewat Phone Link. Bila sudah terhubung, pengguna bisa mengoperasikan ponsel langsung dari PC, tanpa perlu repot membuka ponsel.

Hal yang bisa dilakukan seperti melihat notifikasi, melakukan panggilan telepon, melihat pesan singkat (SMS), serta memindahkan foto/video yang ada dalam ponsel secara langsung dari PC tanpa harus repot membuka layar ponsel.

Pengguna iPhone bisa menerima dan melakukan panggilan suara di PC Windows 11 berkat dukungan Phone Link untuk iOS.Microsoft Pengguna iPhone bisa menerima dan melakukan panggilan suara di PC Windows 11 berkat dukungan Phone Link untuk iOS.
Nah, kini, dukungan aplikasi Phone Link tersebut diperluas ke smartphone berbasis iOS. Nantinya, pengguna iPhone juga bisa melakukan dan menerima panggilan suara, mengirim dan menerima SMS, serta menerima notifikasi iPhone tanpa perlu membuka layar HP.

Dalam blog Microsoft, aplikasi Phone Link mendukung perangkat iOS versi 14 atau yang lebih baru. Sayangnya, Phone Link belum mendukung iPadOS dan macOS.

Baca juga: Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Cara buka iMessage di PC Windows 11

Untuk bisa membuka pesan iMessage di PC Windows, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Aplikasi "Phone Link" sudah terinstal secara bawaan di PC Windows 11. Jadi, pengguna tinggal ketik "Phone Link" di kolom search di taskbar Windows 11.
  • Buka "Phone Link".

Microsoft akhirnya mulai merilis dukungan aplikasi Phone Link untuk perangkat iOS. Dengan begitu, pengguna iPhone bisa menerima notifikasi, panggilan telepon, dan SMS secara langsung di PC Windows 11, tanpa perlu membuka layar iPhone miliknya.Microsoft Microsoft akhirnya mulai merilis dukungan aplikasi Phone Link untuk perangkat iOS. Dengan begitu, pengguna iPhone bisa menerima notifikasi, panggilan telepon, dan SMS secara langsung di PC Windows 11, tanpa perlu membuka layar iPhone miliknya.

  • Pilih "iPhone".
  • Ikuti proses setup dan pindai QR code.
  • Setelah berhasil terhubung, pilih pengaturan notifikasi yang diinginkan pengguna.

Dengan begitu, iPhone pengguna terhubung dengan PC Windows 11, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Microsoft, Jumat (28/4/2023).

Perlu dicatat, beberapa fitur iMessage terbatas digunakan ketika terhubung ke Windows 11 lewat Phone Link.

Contohnya, pengguna iPhone hanya bisa melihat pesan iMessage yang baru masuk atau dikirim via aplikasi Phone Link saja. Artinya, pengguna tidak bisa melihat riwayat percakapan iMessage yang ada di iPhone mereka, sebelum iPhone terhubung dengan Phone Link.

Selain itu, pengguna iMessage di Phone Link Windows 11 lain juga tidak bisa mengirimkan gambar melalui PC. Mereka juga tidak bisa berkirim pesan dengan pengguna lain yang ada di dalam sebuah grup iMessage.

Pesan iMessage yang diterima via Phone Link juga tidak akan dibedakan menjadi balon percakapan (bubble chat) berwarna hijau (dari perangkat selain Apple) atau biru (dari perangkat Apple).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com