Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Pamer Video Ponsel Lipat Pixel Fold, Meluncur Bulan Ini?

Kompas.com - 05/05/2023, 08:31 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Tanda-tanda peluncuran ponsel lipat pertama bikinan Google, Pixel Fold, semakin terendus. Sebab, Google memamerkan smartphone lipat terbarunya di kanal YouTube Made by Google dengan judul “May The Fold Be With You” pada Jumat (5/5/2023).

Walau durasi video tersebut terbilang singkat, yakni delapan detik menggunakan format portrait, beberapa pihak meyakini bahwa smartphone lipat tersebut bakal diperkenalkan di acara tahunan Google I/O 2023.

Dalam takarir (caption) dari video yang diunggah, Google mencantumkan dua tanda pagar (tagar/hashtags) #GoogleIO dan #PixelFold. Google juga menuliskan tautan (link) yang mengarahkan pengguna untuk mendaftar agar bisa tahu informasi terkini mengenai Pixel Fold.

Kemunculan dua hashtags tersebut memperkuat spekulasi sejumlah pihak bahwa Pixel Fold bakal segera diluncurkan minggu depan. Dikarenakan, bila merujuk pada jadwal acara Google I/O tahun lalu, ajang tersebut diselenggarakan pada 11–12 Mei 2022.

Baca juga: Penampakan Nyata Ponsel Lipat Google Pixel Fold Tertangkap Kamera

Di satu sisi, Google I/O 2021 justru dilaksanakan di minggu yang ketiga yakni 18–20 Mei 2021. Mengingat Google sendiri juga belum mengumbar jadwal acara kumpul-kumpul developer tersebut, kemungkinan akan ada perubahan di masa mendatang.

Namun, dari spekulasi di atas setidaknya ada sedikit gambaran bahwa Pixel Google bakal diluncurkan dalam waktu dekat, yakni beberapa minggu mendatang.

Tampilan Pixel Fold

Layar sekunder Google Pixel FoldYouTube/Google Layar sekunder Google Pixel Fold

Terlepas dari spekulasi di atas, video singkat yang dipamerkan Google mengindikasikan bahwa Pixel Fold datang dengan mekanisme lipatan horizontal menyerupai buku, mirip seperti Samsung Galaxy Z Fold series.

Layar utama perangkat yang berada di dalam terlihat memiliki bezel (bingkai layar) yang cukup tebal di keempat sisinya. Layar utama dibekali kamera depan yang disematkan di kanan atas bezel.

Kamera belakang Google Pixel FoldYouTube/Google Kamera belakang Google Pixel Fold

Punggung perangkat mengusung desain dan tampilan yang serupa dengan kebanyakan Google Pixel series. Hanya saja, modul kameranya tidak membentang secara horizontal, atau ujung ke ujung dari kanan ke kiri.

Modul kamera Pixel Fold menyisakan sedikit ruang di bagian kanan dan kirinya, lebih menonjol, dan berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat. Di dalam modul terdapat tiga sensor kamera yang diposisikan sejajar dan ditemani oleh lampu kilat LED.

Pada bodi kanan, terdapat dua tombol berbentuk pil yang memiliki ukuran berbeda. Tombol yang lebih kecil diletakkan di atas, sedangkan tombol yang lebih panjang di letakkan di bawahnya. Konon, kedua tombol masing-masing berfungsi sebagai tombol daya dan pengatur volume suara.

Bocoran spesifikasi Pixel Fold

Engsel lipatan Google Pixel FoldYouTube/Google Engsel lipatan Google Pixel Fold

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (5/5/2023), Pixel Fold disinyalir memiliki layar seluas 5,8 inci ketika dilipat dan 7,6 inci saat dibentangkan.

Beberapa pihak juga meyakini bahwa Pixel Gold yang dirancang Google memilki mekanisme engsel yang kuat sehingga mempunyai daya tahan yang lebih tinggi.

Baca juga: Ponsel Pixel Laris, Pendapatan Google Naik

Pada aspek fotografinya, layar utama dan sekunder sama-sama datang dengan kamera selfie 9,5 MP. Sementara di bagian belakang, tiga sensor kamera tersebut terdiri dari kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX787, lensa ultrawide 12 MP (Sony IMX386), dan lensa telefoto 10 MP.

Pixel Fold dikabarkan mengandalkan chipset Tensor G2 SoC yang dipadu dengan RAM 12 GB. Soal daya, ponsel lipat ini disinyalir ditopang baterai berkapasitas 4.700mAH.

Banderol harganya Pixel Fold sendiri diprediksi seharga 1.700 dollar AS (Rp 25 jutaan, kurs hari ini Rp 14.714), sedikit lebih murah ketimbang Samsung Galaxy Z Fold yang dijual 1.799 dollar AS (RP 26,4 jutaan).

Perlu dicatat bahwa spesifikasi di atas sifatnya masih rumor dan bocoran. Mengingat Google juga belum merilis Pixel Fold secara resmi, ada potensi perubahan desain dan spesifikasi di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com