Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Eror gara-gara Chat “WA Me Settings”, Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 29/05/2023, 11:45 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Warganet Twitter ramai membicarakan mengenai WhatsApp eror (WA eror) akibat mengirim chat yang tiba-tiba menyebabkan bug/force close. Chat tersebut berupa tautan  “wa(.)me(/)settings” yang ditulis tanpa tanda kurung buka tutup dan petik dua.

Saat pengguna mengirim tautan tersebut, WA pun tiba-tiba force stop dan memunculkan notifikasi di pop up berupa “WhatsApp closed because this app has a bug” atau “Your version of WhatsApp doesn’t support this content”.

Akibatnya, baik pengirim chat maupun penerima tidak dapat mengakses WhatsApp. Bug ini terpantau hanya terdampak bagi pengguna Android saja.

Berdasarkan percobaan KompasTekno melalui aplikasi WhatsApp Android versi 2.23.11.18, pengirim tautan tidak terdampak apa pun. Artinya, pengirim masih bisa mengakes chatroom WA. Kendati demikian, penerima masih terdampak eror karena menerima tautan tersebut.

Nah, apabila Anda mengalami WhatsApp eror gara-gara "wa me settings", baik itu pengirim atau penerima, bisa mengatasinya dengan cara berikut.

Baca juga: Jangan Pernah Kirim “WA Me Settings” atau Aplikasi WhatsApp Bakal Eror!

Cara mengatasi WhatsApp eror “wa me settings” via WhatsApp web

WA eror wa.me/settingsKompas.com/soffyaranti WA eror wa.me/settings

Perlu diperhatikan apabila pengguna akan menghapusnya lewat WA Web pastikan akun Anda telah terhubung di WA Web atau WA Desktop. Begini cara menghapusnya.

  • Buka WhatsApp Web atau WA Desktop
  • Buka chatroom pribadi atau grup pada chat pengirim “wa(.)me(/)settings”
  • Klik kanan atau klik tanda panah ke bawah kemudian pilih “Delete for me” atau “Hapus Pesan” > “Hapus untuk saya”
  • Buka kembali aplikasi WA Anda dari HP dan cek apakah sudah kembali berjalan normal

Cara memperbaiki WhatsApp eror “wa me settings” di HP

Jika pengirim masih bisa mengakses chatroom, maka dapat menggunakan fitur “Delete for everyone” untuk menghilangkah chat tersebut lewat HP. Dengan begitu, chat tersebut akan hilang dari chatroom penerima maupun pengirim. Berikut ini caranya:

  • Buka chatroom, lalu ketuk dan tahan (tap and hold) chat “wa(.)me(/)settings”
  • Pilih ikon hapus kemudian pilih “Delete for everyone”

Apabila pengirim juga tidak dapat membuka aplikasi WA di HP maka bisa menghapusnya melalui WhatsApp Desktop/WA Web seperti pada langkah pertama. 

Baca juga: Apakah Chat di WhatsApp Bisa Membuat Memori HP Penuh? Begini Penjelasannya

Di Twitter, beberapa pengguna menyarankan untuk menghapus chatroom dengan fitur “Clear chat” . Artinya, seluruh riwayat obrolan di chatroom akan terhapus. Tentu hal ini cukup krusial terlebih lagi apabila Anda memiliki isi pesan yang penting.

Maka dari itu, pengguna cukup menghapus chat “wa(.)me(/)settings” melalui fitur “Delete for everyone” atau “Delete for me” saja tanpa perlu menghapus seluruh isi chat. Semoga membantu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com