Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Link “WA Me Settings” dan Kenapa Bisa Bikin WhatsApp Eror?

Kompas.com - 29/05/2023, 17:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Di media sosial, warganet tengah ramai membicarakan tentang format chat berbentuk link yang dapat membuat aplikasi WhatsApp (WA) eror dan keluar sendiri (force close). Link tersebut tak lain adalah WA Me Settings.

Secara spesifik, link WA Me Settings memiliki komposisi seperti ini “wa.me/settings”. Sama seperti pembicaraan warganet, dari hasil percobaan KompasTekno, aplikasi WhatsApp bakal keluar sendiri saat membuka ruang obrolan berisi link wa.me/settings.

Baca juga: Jangan Pernah Kirim “WA Me Settings” atau Aplikasi WhatsApp Bakal Eror!

Setelah keluar sendiri, kami menjumpai pesan di layar “Home” ponsel bertuliskan terdapat bug pada aplikasi dan disarankan untuk menghapus penyimpanan WhatsApp, sebagaimana yang tertera pada gambar di bawah ini.

Pesan peringatan yang muncul setelah aplikasi WhatsApp keluar sendiri gara-gara membuka ruang obrolan yang terdapat link WA Me Settings.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Pesan peringatan yang muncul setelah aplikasi WhatsApp keluar sendiri gara-gara membuka ruang obrolan yang terdapat link WA Me Settings.

Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan, WhatsApp eror akibat WA Me Settings cenderung terjadi pada aplikasi WhatsApp versi beta dan publik di ponsel berbasis Android. Sementara WhatsApp di iPhone, WhatsApp Web, dan WhatsApp Desktop, tidak terdampak.

Lantas, apa itu wa.me/settings yang bikin geger warganet? Kenapa WA Me Setting bisa membuat aplikasi WhatsApp eror? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu wa.me/settings?

Sebelum mengetahui penyebabnya, ada baiknya kita memahami dulu mengenai tautan wa.me/settings. Perlu diketahui, “wa.me” sendiri sejatinya bukan tautan asing bagi pengguna yang telah lama memakai WhatsApp.

Link “wa.me” biasanya dipakai untuk berkirim chat ke akun pengguna tanpa harus menyimpan nomor teleponnya. Link “wa.me” bisa mengarahkan pengguna untuk membuka ruang obrolan WhatsApp dari kontak tertentu secara otomatis.

Untuk melakukan tindakan tersebut, link “wa.me” biasanya ditambahkan dengan tanda kurung “/” dan diikuti nomor telepon akun yang hendak dihubungi. Misalnya, “wa.me/62123412341234”.

Saat tautan “wa.me” serta nomor telepon itu dibuka, pengguna bakal langsung diarahkan ke ruang obrolan dari kontak akun dengan nomor telepon tersebut. Contoh ini merupakan skema penggunaan link “wa.me” yang biasa dipakai.

Baca juga: Jangan Pernah Dicoba, Begini Dampak “WA Me Settings” bagi Penerima dan Pengirim Link

Sementara itu, pada wa.me/settings, tautan ini tidak ditargetkan untuk membuka ruang obrolan dengan kontak tertentu seperti skema penggunaan umum di atas. Di sinilah letak penyebab WA Me Settings membuat aplikasi WhatsApp eror.

Penyebab WA Me Settings membuat aplikasi WhatsApp eror

Peneliti keamanan siber independen yang juga seorang bug hunter (pemburu celah keamanan internet) Afif Hidayatullah mengatakan bahwa kemungkinan ada bug di WhatsApp, sehingga aplikasi eror ketika membuka ruang obrolan yang berisi link wa.me/settings.

"Kalau ditanya kenapa hanya pengguna whatsapp versi stabil/beta di HP Android saja yang terdampak, kemungkin karena bug-nya hanya ada di versi tersebut," kata Afif melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Senin siang (29/5/2023).

Selain karena bug, kata Afif, WhatsApp eror akibat WA Me Settings juga disinyalir terjadi lantaran terdapat masalah pada WebView Sistem Android. WebView adalah aplikasi pre-installed alias bawaan Android yang memungkinkan pengembang menampilkan halaman web di dalam aplikasi.

"Umumnya, ketika kita mengirimkan link, WhatsApp akan melakukan pembacaan pada WebView," kata Afif.

Eror bisa terjadi ketika WebView di WhatsApp gagal memuat permintaan untuk membuka link wa.me/settings. Afif menjelaskan, link wa.me/settings memiliki alur yang tak sesuai target.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com