Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Tidak Dapat Membuka Kamera, Begini 2 Cara Mengatasinya

Kompas.com - 31/05/2023, 17:10 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Pengguna perlu untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp tidak dapat membuka kamera. Sebab, masalah ini bisa merepotkan pengguna. Saat WhatsApp tidak dapat membuka kamera, pengguna jadi tak bisa mengambil foto atau video.

Sebagaimana umum diketahui, WhatsApp bisa terhubung dengan kamera ponsel. Bila WhatsApp diizinkan mengakses kamera ponsel, pengguna bisa memakai aplikasi tersebut untuk mengambil foto atau video guna dibagikan ke pengguna lain.

Baca juga: Trik Membersihkan WhatsApp Tanpa Hapus Chat biar Memori HP Tak Penuh

Pemakaian kamera di WhatsApp cukup mudah. Pengguna tinggal klik ikon kamera dan WhatsApp bakal membuka kamera ponsel. Lalu, pengguna bisa mengambil foto atau video dari kamera di aplikasi WhatsApp untuk dibagikan ke ruang obrolan atau Status.

Meski proses pemakaiannya mudah, dalam kondisi tertentu, kamera WhatsApp bisa tidak terbuka. Ketika masalah ini terjadi, kamera di Whatsapp bukannya menampilkan objek yang hendak dibidik, malah muncul peringatan seperti gambar di bawah ini.

Tampilan pesan WhatsApp tidak dapat membuka kamera.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan pesan WhatsApp tidak dapat membuka kamera.

Lantas, kenapa WhatsApp tidak dapat membuka kamera? Berdasarkan pengalaman KompasTekno, penyebab WhatsApp tidak dapat membuka kamera adalah terdapat bug atau gangguan pada sistem.

Lalu, bagaimana cara mengatasi WhatsApp tidak dapat membuka kamera? Cara mengatasi WhatsApp tidak dapat membuka kamera itu cukup mudah, begini penjelasannya.

Cara mengatasi WhatsApp tidak dapat membuka kamera

1. Muat ulang aplikasi

Untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak dapat mengakses kamera, cara yang bisa dilakukan pertama kali adalah muat ulang aplikasi. Pengguna bisa menutup aplikasi WhatsApp secara penuh, termasuk di latar belakang.

Setelah ditutup secara penuh, pengguna bisa membuka kembali aplikasi WhatsApp. Cara ini dapat menyegarkan kembali sistem pada aplikasi WhatsApp yang mungkin menimbulkan bug dalam mengakses kamera ponsel.

2. Restart ponsel

Langkah berikutnya untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak dapat memulai kamera adalah dengan memuat ulang atau restart ponsel. Langkah ini dapat menyegarkan sistem ponsel yang terkena bug dan mungkin membuat WhatsApp tidak dapat membuka kamera.

Untuk restart ponsel, cara umumnya, yaitu tekan dan tahan tombol power ponsel hingga daya mati. Setelah mati, tunggu beberapa saat, lalu tekan lagi tombol power ponsel untuk menghidupkan dayalnya lagi.

Demikianlah penjelasan cara mengatasi WhatsApp tidak dapat membuka kamera. Sebagai informasi tambahan, masalah WhatsApp tidak dapat memulai kamera juga bisa disebabkan oleh faktor lain, misal kamera ponsel rusak.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WA Sebut Nama Sendiri Tanpa Aplikasi dengan Mudah

Jika penyebab WhatsApp tidak dapat membuka kamera adalah kamera ponsel rusak, cara di atas tak akan dapat mengatasi masalah itu. Pengguna perlu untuk memperbaiki kamera ponsel di tempat servis terlebih dahulu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com