Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Word: Pengertian, Sejarah, Fitur, Fungsi, dan Manfaatnya

Kompas.com - 27/08/2023, 12:31 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com -  Microsoft Word merupakan aplikasi yang bisa dibilang tak lagi asing bagi pengguna. Setiap pekerjaan, terutama dalam hal tulis-menulis, saat ini rasanya sangat erat kaitannya dengan Microsoft Word.

Microsoft Word banyak dipakai pengguna untuk membuat berbagai dokumen. Di sisi lain, meski sudah cukup populer dan telah dipakai banyak pengguna, tak menutup kemungkinan ada sebagian pengguna yang belum mengerti dan baru ingin belajar Microsoft Word.

Baca juga: Cara Membuat Kop Surat di Microsoft Word dengan Logo

Pemahaman mengenai Microsoft Word itu cukup penting diketahui sebagai dasar untuk mengoperasikannya. Untuk yang ingin belajar dari awal, artikel ini bakal menjelaskan pengetahuan dasar soal Microsoft Word.

Penjelasan akan dimulai dari sejarah, pengertian, fitur, fungsi, hingga manfaat dari Microsoft Word. Bila berminat untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak pengetahuan dasar soal Microsoft Word di bawah ini.

Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word adalah aplikasi buatan perusahaan Microsoft, perusahaan yang sama yang membuat sistem operasi komputer Windows. Microsoft Word atau biasa disebut Word saja, pertama kali diluncurkan pada 1983.

Akan tetapi, pengembangannya sudah berjalan sekitar dua tahun sebelum diluncurkan. Pada 1981, para pengembang perangkat lunak Richard Brodie dan Charles Simonyi bergabung dengan tim Microsoft untuk membuat aplikasi pengolah kata.

Setelah dikembangkan, pada tahun 1983, Microsoft merilis aplikasi versi pertama dari Word, yaitu Word 1.0 atau disebut juga dengan Multi-Tool Word. Aplikasi pengolah kata itu dirilis untuk komputer yang menjalankan sistem operasi UNIX.

Kemudian pada tahun yang sama, Word diprogram ulang agar dapat berjalan pada komputer pribadi (PC), seperti IBM PC,yang menggunakan sistem operasi DOS (Disk Operating System) milik Microsoft atau biasa disebut MS-DOS.

Pada tahap perilisan itulah Microsoft memberikan nama aplikasi pengolah kata buatannya dengan Microsoft Word. Aplikasi ini langsung bersaing dengan WordPerfect dan WordStar, aplikasi pengolah kata yang dirilis lebih dulu yaitu pada 1982.

Saat awal rilis, Microsoft Word telah menjadi aplikasi pengolah kata yang pertama secara luas menggunakan mouse komputer untuk mengatur tampilan teks pada dokumen, seperti teks cetak miring, tebal, dan bergaris bawah.

Kemudian, Microsoft Word juga sudah dibekali dengan fitur tab untuk membuka dan mengedit beberapa dokumen sekaligus. Word terus dikembangkan dari tahun ke tahun. Pada 1985, Word 2.0 sudah punya fitur pengecekan ejaan dan menampilkan jumlah kata.

Di tahun yang sama, untuk bersaing dengan WordPerfect, Microsoft mulai merilis Word di berbagai platform. Pada tahun 1985, Microsoft merilis Word 1.0 untuk komputer Macintosh dengan program yang diadaptasi langsung dari Word untuk DOS.

Selanjutnya, dikutip dari Britannica, pada tahun 1989, Microsoft merilis versi pertama Word untuk sistem operasi Windows. Microsoft dua tahun lebih awal dalam merilis Word untuk Windows dari WordPerfect untuk Windows.

Pada tahun 2003, nama Microsoft Word beralih menjadi Microsoft Office Word. Perubahan ini sejalan dengan paket aplikasi Microsoft Office yang terdiri dari Word, Excel (aplikasi pengolah angka), dan PowerPoint (aplikasi presentasi).

Itulah sejarah mengenai Microsoft Word yang perlu diketahui. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Microsoft Word? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai pengertian Microsoft Word.

Pengertian Microsoft Word

Microsoft Word adalah program pengolah kata berupa software aplikasi yang berfungsi untuk membuat tulisan dengan berbagai macam format, seperti surat, laporan, jurnal, dan sebagainya.

Microsoft Word merupakan aplikasi yang masih dalam satu bagian pada paket Microsoft Office milik perusahaan Microsoft. Program pengolah kata ini bisa diakses lewat dekstop dengan sistem operasi (OS) MacOS atau Windows OS.

Dikutip dari situs web ensiklopedia teknologi Techopedia, Microsoft Word sebagai program pengolah kata memungkinkan pengguna untuk melakukan penulisan, penyuntingan, atau mencetak suatu tulisan.

Microsoft Word yang kerap disebut dengan Ms Word atau Word punya desain utama yang bernama WYSIWYG (what you see is what you get).

Dengan desain itu, Microsoft Word mampu memastikan semua kata yang ditulis pengguna, bakal muncul persis saat dicetak atau dibuka di platform lain. Desain ini salah satunya terwujud dalam fitur copy-paste atau salin-tempel yang ada di Microsoft Word.

Fitur salin-tempel memudahkan pengguna saat hendak memindahkan satu tulisan ke lembar baru di Microsoft Word atau di platform lain. Sebagai program pengolah kata, Microsoft Word memiliki lembar virtual berwujud seperti kertas untuk menulis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com