Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Video Bulat di WhatsApp, Fitur Apa Itu?

Kompas.com - Diperbarui 08/09/2023, 09:19 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak fitur baru di aplikasi WhatsApp (WA) dalam beberapa waktu terakhir ini. Salah satu efek dari datangnya banyak fitur baru itu adalah pengguna mungkin bakal menjumpai video dengan bingkai bulat atau video bulat di WA.

Sebagai informasi, file video yang dikirim di ruang obrolan WhatsApp biasanya memiliki bingkai berbentuk persegi. Akan tetapi, selain video persegi, pengguna kini bisa menjumpai pula video bulat di WA.

Baca juga: Ramai soal Tanda “Kali” pada Status WhatsApp, Bagaimana Bisa Muncul?

Perbedaan bentuk video dengan bingkai persegi yang sudah lama ada dan video dengan bingkai bulat yang baru tersedia, bisa dilihat lebih lanjut pada gambar di bawah ini.

Video dengan bingkai persegi (kiri) dan video dengan bingkai bulat (kanan).KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Video dengan bingkai persegi (kiri) dan video dengan bingkai bulat (kanan).

Dari gambar tersebut, pengguna mungkin tak asling lagi dengan video berbingkai persegi yang terkirim di ruang obrolan WhatsApp. Video persegi itu menandakan file media video yang dikirim pengguna di ruang obrolan WhatsApp.

Jadi, ketika file media video dari galeri perangkat dikirim ke ruang obrolan, video itu bakal memiliki bingkai persegi. Lantas, bagaimana dengan yang satunya? Apa itu video bulat WA? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai video bulat WA.

Apa itu video bulat WA?

Perlu diketahui, video bulat WA seperti yang tertera pada gambar di atas sejatinya adalah tampilan dari salah satu fitur baru aplikasi WhatsApp, yaitu fitur pesan video instan atau instant video messages.

Fitur pesan video instan WhatsApp itu memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan dalam format video. Sebelum fitur ini hadir, seperti yang cukup umum diketahui, pesan atau chat di WhatsApp itu cuma berupa teks dan suara (Voice Note/VN).

Kini, format pesannya bisa pula dibuat dalam bentuk video. Fitur pesan video WA memiliki pengoperasian yang mirip dengan VN. Fitur pesan video WA bukan berarti mengirim file media video dari galeri ponsel ke ruang obrolan.

Baca juga: Tombol VN WhatsApp Berubah Jadi Ikon Video Saat Diklik, Kenapa?

Akan tetapi, layaknya VN, lewat fitur pesan video WA, pengguna dapat merekam langsung video dan dikirim di ruang obrolan sebagai chat, bukan file media. Lantaran dikirim sebagai chat, rekaman video dari fitur pesan video WA itu tidak dapat diunduh.

Pesan video yang terkirim di ruang obrolan WA bakal memiliki bentuk yang berbeda dengan kiriman file media video. Pesan video yang terkirim memiliki rangka berbentuk bulat seperti pada gambar di atas.

Jadi, video bulat WA itu menjadi tanda bahwa video yang dikirim adalah pesan video, bukan file video. Fitur pesan video instan ini memungkinkan pengguna untuk membuat chat dalam bentuk video berdurasi maksimal 60 detik atau 1 menit.

Lantas, bagaimana cara membuat video bulat di WA? Untuk membuat video bulat di WA atau pesan video WhatsApp, caranya cukup mudah. Bila tertarik mencobanya, berikut adalah penjelasan cara kirim pesan video di WhatsApp.

Cara membuat video bulat di WA

Cara membuat video bulat di WA itu cukup mudah. Namun, yang perlu diketahui adalah pesan video WA tidak dibuat melalui ikon kamera yang terdapat pada kolom pengetikan chat. Fitur pesan video WA terletak di ikon mikrofon yang biasa dipakai membuat VN.

Ikon mikrofon untuk membuat VN di WA sekarang bisa beralih menjadi ikon video ketika diklik. Jadi, jika ingin membuat video bulat di WA, pengguna perlu mengetuk ikon mikrofon itu dulu. Untuk lebih jelasnya, silakan simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka ruang obrolan pribadi atau grup.
  • Pada kolom pengetikan chat, ketuk ikon mikrofon (hanya sekali ketuk, bukan ditahan).
  • Setelah itu, ikon mikrofon bakal beralih menjadi ikon video.
  • Klik dan tahan ikon video itu untuk mulai merekam video.
  • Pengguna bisa mengunci tombol tersebut dengan mengusapnya ke atas, sehingga tak perlu ditahan terus untuk merekam video.
  • Pengguna bisa merekam video dengan kamera depan atau belakang.
  • Perekaman berjalan dalam bingkai lingkaran. Saat perekaman berlangsung, bingkai lingkaran itu bakal terdapat garis hijau yang berjalan sebagai penanda durasi video.
  • Jika sudah selesai merekam, pengguna bisa mengetuk tombol pause dan melihat hasil rekaman video itu dulu.
  • Bila video dirasa kurang pas, pengguna bisa langsung menghapusnya.
  • Jika video dirasa sudah sesuai, pengguna bisa langsung mengirimnya ke ruang obrolan.
  • Saat sudah terkirim di ruang obrolan, pesan video bakal memiliki bingkai bulat.

Ilustrasi cara membuat video bulat di WA.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat video bulat di WA.

Itulah penjelasan mengenai cara kirim pesan video di WhatsApp atau video bulat di WA. Pesan video WA bakal berputar otomatis seperti gambar GIF (tanpa suara), ketika pengguna membuka ruang obrolan yang berisi pesan video itu.

Baca juga: Ada Tombol Baru “HD” saat Kirim Foto di WhatsApp, Apa Itu?

Untuk memutar video dari pesan video WA dan mendengarkan isinya, pengguna bisa klik pesan video tersebut di ruang obrolan. Selanjutnya, pengguna bisa menjeda video dari pesan video WA dan melanjutkannya kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com