Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perangkat Output Komputer: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Fungsinya

Kompas.com - 14/09/2023, 03:00 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Komputer terdiri dari beberapa komponen yang biasa disebut juga dengan komponen komputer. Setiap komponen komputer punya fungsi masing-masing. Untuk belajar mengoperasikan komputer, pengguna perlu mengetahui komponennya.

Salah satu komponen komputer yang perlu diketahui adalah perangkat output atau output device. Dalam rangkaian tugas komputasi, perangkat output punya wilayah operasi yang lekat dengan pengguna.

Baca juga: Cara Mematikan Komputer dengan Benar dan Hal yang Perlu Dilakukan Sebelumnya

Lantas, apa yang dimaksud dengan perangkat output? Bila hendak belajar mengoperasikan komputer, silakan simak penjelasan secara lengkap di bawah ini mengenai perangkat output pada komputer.

Pengertian perangkat output komputer

Untuk diketahui dulu, komponen komputer secara umum terbagi menjadi empat jenis, yaitu perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage. Tiap jenis memiliki fungsi yang berbeda, tetapi saling terhubung.

Perangkat output adalah komponen atau bagian dari komputer yang punya tugas utama untuk menampilkan hasil pemrosesan komputasi ke pengguna. Perangkat output bakal mengambil perintah, instruksi, atau data yang telah diproses dalam bahasa biner.

Kemudian, perangkat output akan mengubah perintah, instruksi, atau data itu menjadi bentuk atau tindakan yang dapat dimengerti oleh pengguna. Hasil pemrosesan yang keluar dari perangkat output itu merupakan langkah terakhir dalam sistem kerja komputer.

Jenis perangkat output komputer

Di sebuah komputer, ada banyak perangkat output yang bisa terpasang. Akan tetapi, perangkat output secara umum dapat diklasifikasikan berdasar fungsinya menjadi tiga jenis, yang antara lain adalah sebagai berikut:

1. Perangkat output visual

Perangkat output visual memiliki fungsi untuk menampilkan data yang telah diproses dalam bentuk teks, gambar, atau video. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk melihat informasi di layar atau memproyeksikannya ke permukaan yang lebih besar.

Baca juga: 20 Contoh Perangkat Keras Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

2. Perangkat output cetak

Dikutip dari Javapoint, perangkat output cetak memiliki fungsi untuk menghasilkan salinan atau cetakan fisik dari data digital yang diproses di komputer. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mencetak dokumen fisik.

3. Perangkat output suara

Perangkat output suara adalah perangkat yang dapat menghasilkan audio dari hasil pemrosesan komputer. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk mendengar lagu atau mendengar suara ketika berkomunikasi.

Contoh perangkat output komputer dan fungsinya

Dari ketiga jenis itu, terdapat banyak macam perangkat output yang terpasang pada komputer. Lantas, apa saja contoh perangkat output yang dapat terpasang pada komputer?
Selengkapnya, berikut adalah daftar contoh perangkat output komputer dan fungsinya.

1. Contoh perangkat output visual dan fungsinya

  • Monitor = Fungsi perangkat output ini adalah untuk menghasilkan atau menampilkan gambar dari komputer. Semua tampilan dari hasil berjalanannya pemrosesan komputer bakal ditayangkan pada monitor.
  • Proyektor = Fungsi perangkat output ini sama seperti monitor, yaitu menampilkan konten yang termuat di komputer. Akan tetapi, lewat proyeksi cahaya dan lensa, proyektor dapat menampilkan konten komputer ke bidang yang lebih besar seperti layar besar atau dinding.

2. Contoh perangkat output cetak dan fungsinya

  • Printer = Printer berfungsi untuk mencetak secara fisik data atau dokumen digital yang terdapat di komputer. Dengan perangkat ini, pengguna dapat mencetak surat, artikel, laporan, dan dokumen lainnya yang diolah di komputer.
  • Plotter = Plotter juga punya fungsi yang sama seperti printer, yaitu untuk mencetak data digital yang diolah di komputer. Akan tetapi, plotter memiliki spesialisasi untuk mencetak data grafis atau gambar ke bidang yang besar seperti banner.

3. Contoh perangkat output suara dan fungsinya

  • Speaker = Speaker berfungsi untuk menghasilkan suara atau audio. Speaker biasanya digunakan untuk mendengarkan musik atau memutar audio lainnya. Speaker juga dipakai untuk mendengar suara lawan bicara ketika berkomunikasi di komputer.
  • Earphone = Earphone punya fungsi yang sama dengan speaker, yaitu menghasilkan suara atau audio. Akan tetapi, audio yang dikeluarkan earphone hanya bisa didengar secara personal untuk satu orang.

Itulah penjelasan mengenai contoh perangkat output komputer dan fungsinya. Dengan demikian, artikel ini telah selesai menjelaskan secara lengkap mengenai perangkat output komputer, jenis, contoh, dan fungsinya.

Pengguna dapat membaca pemaparan di atas supaya lebih mudah ketika hendak belajar mengoperasikan komputer. Dari pemaparan soal komponen komputer tersebut, setidaknya dapat diketahui perangkat output komputer terdiri dari tiga jenis.

Baca juga: 9 Cara Screenshot di Komputer, Lengkap untuk Komputer Windows dan Mac

Tiga jenis perangkat output komputer itu terdiri dari perangkat output visual, cetak, dan suara. Setiap jenis perangkat output pada komputer tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda untuk menyajikan hasil pemrosesan ke pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com