Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2023, 15:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Apple meluncurkan AirPods Pro 2 yang diperbarui dalam acara Apple Event "Wonderlust", Rabu (13/9/2023). Produk ini dinamakan "AirPods Pro 2nd generation with MagSafe Charging Case (USB-C)".

Sama seperti iPhone 15 series, earphone wireless AirPods Pro 2 terbaru kini mengadopsi konektor USB-C sebagai pengganti port Lightning.

Dengan kata lain, pengguna hanya memerlukan satu kabel untuk mengisi daya laptop Mac, tablet iPad, AirPods, dan smartphone iPhone 15. Tak hanya itu, pengguna dapat mengisi daya (reverse charging) AirPods Pro 2 menggunakan iPhone via USB-C.

Baca juga: AirPods Pro 2 Resmi Masuk Indonesia, Harga Rp 4 Jutaan

Selanjutnya, AirPods Pro 2 dengan case USB-C kini mendukung audio lossless 20-bit 48 kHz. Apple mengeklaim audio ini memiliki latensi yang sangat rendah, sehingga pengguna bisa mendengar audio lebih instan tanpa delay atau jeda.

Perlu dicatat, fitur audio lossless ini hanya bisa digunakan ketika AirPods Pro 2 dihubungkan dengan headset AR Apple, Apple Vision Pro. Transmisi audio lossless antara kedua perangkat itu, dimungkinkan karena adanya chip H2 di AirPods Pro 2 dan Apple Vision Pro.

Headset AR tersebut dipastikan meluncur awal tahun depan di Amerika Serikat. AirPods Pro 2 juga mengantongi sertifikasi anti-air, debu, dan keringat dengan rating IP54 untuk buds earphone dan case.

Sebagai perbandingan, AirPods sebelumnya yang masih menggunakan konektor Lightning, hanya dibekali perlindungan IPX4, yang artinya perangkat dilindungi dari keringat dan percikan air saja.

AirPods Pro 2 dengan charging case USB-CApple AirPods Pro 2 dengan charging case USB-C
AirPods Pro 2 masih memiliki ketahanan baterai hingga 6 jam untuk mendengarkan musik, dan 30 jam ketika menggunakan case bawaan.

Baca juga: AirPods Pro 2 Meluncur dengan Baterai Lebih Awet, Ini Harganya

Fitur baru lainnya mencakup "Adaptive Audio", "Personalized Volume", dan "Conversation Awareness".

"Adaptive Audio" merupakan mode mendengar audio yang menggabungkan mode "Transparency", dan mode peredam bising "Active Noise Cancellation". Dengan fitur ini, kebisingan yang mengganggu, seperti hiruk-pikuk di kedai kopi akan dikurangi.

Kemudian, ada "Conversation Awareness" yang membantu menurunkan volume konten yang sedang didengar, meningkatkan volume suara di depan pengguna, dan mengurangi kebisingan latar belakang.

Fitur ini berguna ketika pengguna berpapasan dan mengobrol dengan rekan kerja, atau ketika pengguna sedang memesan makan siang di kafe yang ramai.

Terakhir, pengguna bisa memanfaatkan fitur "Personalized Volume". Fitur yang mengandalkan machine learning ini secara otomatis menyempurnakan pengalaman mendengar audio pengguna, berdasarkan preferensi mereka dari waktu ke waktu.

Harga AirPods Pro 2 baru

AirPods Pro 2 dengan case USB-C dapat dibeli di Amerika Serikat dan lebih dari 30 negara lainnya pada 22 September. Apple belum merincikan daftar 30 negara yang akan kebagian AirPods 2 Pro terbaru.

Soal harga, earphone wireless ini dibanderol seharga 249 dollar AS (sekitar Rp 3,8 juta). Sebagai perbandingan, AirPods Pro 2 dengan case Lightning dijual di Indonesia seharga Rp 4,2 juta.

AirPods Pro 2 bakal hadir dalam satu pilihan warna saja, yaitu White, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Kamis (14/9/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com