Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Monitor, Lengkap dengan Fungsi dan Jenisnya

Kompas.com - 27/09/2023, 18:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bila hendak belajar mengoperasikan komputer, salah satu komponen yang perlu dipahami adalah monitor. Sebagai informasi, monitor atau layar merupakan salah satu komponen komputer yang utama dan memiliki fungsi penting.

Tanpa monitor, pengguna tak akan bisa melihat semua hasil pemrosesan dari komputer. Lantas, apa yang dimaksud dengan monitor? Jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan soal monitor dan fungsinya.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Output Komputer, Lengkap dengan Jenis dan Fungsinya

Pengertian monitor pada komputer dan fungsinya

Perlu diketahui, komputer terdiri dari beberapa komponen yang secara umum meliputi perangkat input, perangkat processing, perangkat output, dan perangkat storage. Semua komponen komputer itu punya fungsi yang berbeda.

Akan tetapi, setiap komponen komputer tersebut saling berhubungan dalam alur kerja komputer. Secara umum, komputer memiliki alur kerja berupa menerima, memproses, menyajikan, dan menyimpan data atau instruksi.

Dalam alur kerja itu, monitor adalah perangkat output yang memiliki tugas utama untuk menampilkan data atau informasi yang telah diproses pada komputer. Informasi yang ditampilkan di monitor itu bisa berupa gambar, teks, grafik, atau kombinasi semuanya.

Monitor bekerja dengan menerima sinyal elektronik dari komputer dan mengubahnya menjadi tampilan yang dapat dipahami atau dibaca manusia. Lewat monitor itulah manusia atau pengguna dapat berinteraksi dengan komputer.

Seperti yang sempat disinggung di atas, pengguna tak akan bisa melihat tampilan dari hasil pemrosesan komputer tanpa menggunakan monitor. Dalam penggunaannya secara umum, adapun beberapa fungsi monitor adalah sebagai berikut:

  • Monitor memiliki fungsi untuk menampilkan informasi hasil olahan dari komputer, seperti teks, gambar, video atau grafik.
  • Monitor memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer, seperti menjalankan program, mengedit dokumen, dan masih banyak lagi.
  • Monitor berfungsi untuk memutar konten media seperti film dan presentasi.
  • Monitor memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengelola tampilan dari komputer.

Untuk menjalankan fungsi tersebut, monitor tersambung ke komputer melalui beberapa jenis koneksi. Ada monitor yang terhubung ke komputer dengan menggunakan kabel HDMI, VGA, Thunderbolt, atau USB Type-C.

Monitor pada komputer tersedia dalam beberapa jenis. Lantas, apa saja jenis-jenis monitor pada komputer? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar jenis-jenis monitor yang biasa digunakan pada komputer.

Jenis-jenis monitor komputer

Dikutip dari Javapoint, beberapa jenis monitor yang umum digunakan pada komputer adalah sebagai berikut:

  • CRT Monitor
  • Flat Monitor
  • Touch Screen Monitor
  • LED Monitor
  • OLED Monitor
  • DLP Monitor
  • Plasma Monitor
  • TFT Monitor

Jenis-jenis monitor di atas memiliki teknologi yang berbeda dalam menampilkan visual atau informasi dari komputer. Adapun penjelasan masing-masing jenis monitor tersebut adalah sebagai berikut.

1. CRT Monitor

Ilustrasi jenis monitor CRT Monitor.Unsplash/Senad Palic Ilustrasi jenis monitor CRT Monitor.

CRT (Cathode Ray Tube) Monitor atau biasa disebut juga dengan monitor tabung, merupakan jenis monitor yang menggunakan aliran elektron untuk menciptakan gambar di layar. Aliran elektron itu secara berulang mengenai permukaan layar, sehingga muncul gambar.

Baca juga: Macam-macam Perangkat Input Komputer dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

2. Flat Monitor

Flat Monitor merupakan monitor yang memiliki panel datar. Tampilan dari flat monitor dibuat dengan bantuan dua pelat kaca. Pelat-pelat itu mengandung zat yang diaktifkan dalam banyak cara.

Monitor berpanel datar ini umumnya menggunakan dua jenis teknologi. Pertama, layar LCD (Liquid Crystal Display) yang mengandung zat kristal cair. Kristal cair itu disusun sedemikain rupa, sehingga cahaya yang berada di bagian belakang layar dapat menghasilkan gambar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com