Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Warganet Keluhkan Tak Bisa Buka TikTok Shop

Kompas.com - 05/10/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa waktu terakhir ini, warganet di media sosial Twitter X ramai mengeluh karena tidak bisa membuka TikTok Shop. Berdasarkan pantauan di lini masa X, keluhan tersebut mulai berdatangan sejak Rabu (4/10/2023) malam.

Sebagai contoh, akun dengan handle @_picilly dalam twitnya yang diunggah pada Rabu (4/10/2023) mengatakan, menu TikTok Shop aplikasi TikTok miliknya tidak bisa dibuka.

Baca juga: 7 Fakta soal Transaksi TikTok Shop yang Ditutup Mulai Hari Ini

Akun tersebut juga menyertakan tangkapan layar halaman TikTok Shop yang cuma berisi pesan “Something went wrong. Tap to try again” atau “Ada sesuatu yang salah. Ketuk untuk mencoba lagi”.

Selain tidak bisa membuka seperti yang dikeluhkan akun tersebut, cukup banyak juga pengguna yang mengeluh karena menu TikTok Shop hilang dari TikTok. Keluhan ini salah satunya muncul lewat twit dari akun dengan handle @fluppylone.

Dalam twit yang diunggah pada Rabu (4/10/2023), akun @fluppylone mengatakan, TikTok Shop tanpa disadari tiba-tiba hilang di TikTok. Melihat keramaian ini, lantas kenapa TikTok Shop tidak bisa dibuka? Bila tertarik mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini.

Kenapa TikTok Shop tidak bisa dibuka?

Sebagai informasi, kami juga menjumpai masalah serupa seperti yang dikeluhkan warganet di media sosial tentang TikTok Shop ini.

Di salah satu akun TikTok, kami tidak bisa lagi menjumpai menu “Shop” atau TikTok Shop. Kemudian, di akun TikTok lainnya, kami masih bisa menjumpai menu “Shop”, tetapi ketika dibuka hanya bertuliskan “Something went wrong. Tap to try again”.

Tampilan dari masing-masing kondisi TikTok Shop yang hilang dan tak bisa dibuka itu dapat dilihat lebih lanjut pada dua gambar di bawah ini.

Menu TikTok Shop hilang (gambar sebelah kanan).KOMPAS.com/Bill Clinten Menu TikTok Shop hilang (gambar sebelah kanan).

Beberapa dari jurnalis KompasTekno masih memiliki menu Shop, tetapi kami tidak bisa menelusuri dan berbelanja produkKOMPAS.com/Galuh Putri Riyanto Beberapa dari jurnalis KompasTekno masih memiliki menu Shop, tetapi kami tidak bisa menelusuri dan berbelanja produk

TikTok Shop tidak bisa dibuka seperti yang tertera pada gambar di atas itu sejatinya adalah dampak dari penutupan TikTok Shop. Pihak TikTok Shop Indonesia telah mengumumkan soal penutupan TikTok Shop melalui e-mail yang ditujukan ke semua penjual.

Berdasarkan pengumuman itu, diketahui bahwa TikTok Shop ditutup mulai Rabu (4/10/2023) pukul 17.00 WIB.

“Kami tidak akan lagi memfasilitasi layanan transaksi e-commerce di TikTok Shop Indonesia mulai tanggal 4 Oktober 2023 pukul 17.00 WIB,” kata TikTok Indonesia melalui e-mail tersebut.

Dalam pengumuman itu, pihak TikTok Indonesia juga menyampaikan, penutupan layanan transaksi di TikTok Shop dilakukan sebagai upaya mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pihak TikTok berkomitmen akan terus bekerja sama dengan pemerintah untuk menemukan cara terbaik dalam melayani pengguna di kemudian hari. Penutupan TikTok Shop ini berdampak pada penyelesaian pesanan dalam transaksi yang telah berjalan.

Dalam hal itu, pihak TikTok juga berkomitmen untuk mendukung penyelesaian pesanan pengguna, baik yang telah maupun sedang berlangsung.

“Tim kami berkomitmen hadir untuk memberikan dukungan penuh terhadap pemenuhan pesanan, baik yang telah maupun sedang berlangsung, beserta layanan pelanggan. Kami akan mendampingi penjual TikTok Shop Indonesia untuk melalui masa sulit ini,” pungkas pihak TikTok Indonesia.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com